RS Sam Ratulangi Dilelang Tahun Depan

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berencana melakukan lelang proyek pembangunan Rumah Sakit Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, senilai Rp300 miliar pada 2018.
Deandra Syarizka | 21 September 2017 17:51 WIB
Rumah sakit - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA-- Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berencana melakukan lelang proyek pembangunan Rumah Sakit Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, senilai Rp300 miliar pada 2018.
Proyek tersebut akan menjadi pilot proyek pembangunan infrastruktur perguruan tinggi yang melibatkan badan usaha atau disebut juga proyek berskema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).
Staf Ahli Bidang Infrastruktur Kemristekdikti Hari Purwanto mengatakan ke depannya,  beberapa proyek di perguruan tinggi juga akan dibangun menggunakan skema yang dikenalkan Kementerian Keuangan ini. Menurutnya, saat ini pihaknya tengah melakukan pematangan persiapan lelang untuk memastikan pada saat pelaksanaan tidak akan ada permasalahan.
"Kalau proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha ini istilahnya kita bersakit-sakit dahulu baru senang kemudian. Kita ingin semuanya beres ditahap perencanaan baru setelah itu kita lelang ke badan usaha. Tahun depan saya kira sudah bisa dimulai pembangunannya," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (21/09).
Dia mengakui bahwa pembiayaan menjadi kendala dalam pembangunan infrastruktur perguruan tinggi karena sejak dua tahun terakhir tidak lagi mendapatkan anggaran pembangunan fisik. Oleh karena itu, pelibatan badan usaha menjadi salah satu alternatif yang paling memungkinkan untuk melanjutkan pembangunan fasilitas pendidikan yang mangkrak.
Sementara itu, Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Ellen Joan Kumaat mengatakan Presiden Jokowi memberikan perhatian serius untuk pengembangan kampus.
”Presiden menyampaikan banyak hal penting, diantaranya terkait pentingnya penghematan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), kemudian program lain yang patut diapresiasi yaitu Unsrat mendapat kepercayaan karena dipilih pembangunan Rumah Sakit Pendidikan. Presiden melaunching 5 proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan salah satunya adalah Rumah Sakit yang dibangun di Unsrat,” ujarnya.
Corporate Secretary PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia Indra Singawinata mengatakan saat ini pihaknya memiliki kewenangan untuk memberikan penjaminan terhadap proyek infrastruktur pendidikan seperti RSP Unsrat.
 "Sesuai dengan Peraturan Pemerintah penjaminan dilakukan untuk memberikan kepastian investasi yang ditanamkan badan usaha kembali sekaligus untung," kata Indra, kemarin.
Dia mengungkapkan perseroan telah memberikan jaminan atas 13 proyek infrastruktur senilai Rp119 triliun dengan skema kerja sama pemerintah-badan usaha (KPBU).
"Proyek Palapa Ring saat ini menjadi rekor karena dalam jangka waktu delapan bulan sudah langsung dimulai, ini karena Menteri Kominfo Rudiantara betul-betul berkomitmen menggenjot penyediaan infrastruktur sebagaimana presiden Jokowi inginkan," tukasnya.

Tag : rumah sakit
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top