Hadiri Jambore Peternakan Nasional, Presiden Jokowi Kaget Keuntungan Bisnis Kambing

Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada jajarannya agar tidak mempersulit pengembangan usaha peternak dan pengusaha kecil.
Irene Agustine | 24 September 2017 18:35 WIB
Presiden Joko Widodo saat melihat domba yang akan ikut lomba di kawasan Istana Bogor, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/8/2016). Didamping Ketua Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Yudi Guntara (kanan) - Antara/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada jajarannya agar tidak mempersulit pengembangan usaha peternak dan pengusaha kecil.

Dia menyatakan pihaknya terus berupaya memberikan dukungan berupa kebijakan-kebijakan untuk  pengembangan peternak mandiri.

"Saya kira Pak Menteri harus catat. Kita ini terlalu banyak aturan yang menghambat usaha kita," katanya, saat menghadiri Jambore Peternakan Nasional 2017, Minggu (24/9/2017).

Kepala Negara berencana akan turun langsung ke sejumlah daerah melihat bagaimana jalannya industri peternakan saat ini.

"Dulu banyak pemberian sapi dari pemerintah, tapi tidak memiliki hasil apa-apa. Saya kira lebih bagus kalau kita berikan rangsangan agar peternak masuk ke sistem perbankan seperti KUR [kredit usaha rakyat]," ujarnya.

Presiden juga mendorong para peternak untuk dapat bekerja sama dan membentuk sebuah kelompok besar peternak.

Dengan cara itu, Kepala Negara meyakini bahwa keuntungan yang bisa didapatkan para peternak akan semakin berlipat.

"Industri peternakan yang terkonsolidasi bisa memberikan keuntungan yang sangat besar. 1 tahun dari 100 kambing bisa Rp120 juta, itu bukan angka yang kecil," jelasnya.

Tag : jokowi, peternakan
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top