HARI STATISTIK NASIONAL: Memotret Kondisi Terkini Melalui Data

Data statistik dapat menjadi gambaran terkini berbagai kondisi mulai dari ekonomi, politik, dan sosial
M. Nurhadi Pratomo | 26 September 2017 11:19 WIB
Karyawan melintas di dekat logo Badan Pusat Statistik (BPS) di Jakarta. - .Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com,JAKARTA — Data statistik dapat menjadi gambaran terkini berbagai kondisi mulai dari ekonomi, politik, dan sosial.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto meminta elemen bangsa untuk membangun Indonesia berlandaskan data statistik. Oleh karena itu, diharapkan semua pihak dapat kerja bersama dengan menggunakan data.

“BPS menyajikan data untuk menunjukkan kondisi yang sebenarnya atau dengan kata lain memotret kondisi lewat data,” ujarnya dalam sambutan ketika membuka Seminar Nasional “Merancang Format Masa Depan Pengumpulan Data Statistik dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi, di Gedung Utama BPS, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Seminar nasional tersebut diselenggarakan BPS bertepatan dengan perayaaan hari statistik nasional (HSN) 2017. Penetapan itu berdasarkan ketetapan Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik sebagai upaya untuk menyusun pembangunan berencana.

BPS menghadirkan narasumber dari lintas kalangan yakni pemerintahan, pengusaha, serta kementerian atau lembaga (K/L). Adapun narasumber yang hadir antara lain Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Welirang, Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik M. Ari Nugraha serta Bupati Bojonegoro Suyoto.

Tag : bps
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top