Sewu Segar Pacu Produksi Golden Melon

Sewu Segar Nusantara memperkuat kemitraan dengan petani guna memenuhi target produksi 750 ton atau setara 50.000 box hingga akhir tahun.
Azizah Nur Alfi | 26 September 2017 16:57 WIB
Pedagang menata buah melon yang dijual di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta - Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Sewu Segar Nusantara memperkuat kemitraan dengan petani guna memenuhi target produksi 750 ton atau setara 50.000 box hingga akhir tahun.

Kemitraan bersama petani akan diperluas ke Surabaya, Yogyakarta, Solo, Balikpapan, sekaligus untuk membuka pasar baru. Selama ini Jabodetabek menjadi pasar utama golden Melon dengan merek Sunpride.

Local Sourching Director PT Sewu Segar Nusantara Slamet Rahardjo mengatakan kemitraan yang sudah terbangun dengan baik yakni di Kecamatan Jombang, Cilegon. Tiga kelompok tani terdiri dari 15 petani mampu memasok separuh dari kebutuhan target penjualan tahun ini.

Kelompok tani mengelola lahan 1,5 ha untuk ditanami golden melon varietas apollo dengan hasil produksi 27 ton setiap masa panen. Petani memanen golden melon setiap dua bulan sekali.

Sewu segar membangun pola kemitraan bersama petani sejak 2009. Mereka memberikan pelatihan dan kepastian pasar.

Hasil produksi petani mitra akan diserap asal memenuhi ketentuan berat rata-rata 1,5 kg per buah, minim penggunaan pestisida, kadar kemanisan minimal 10 brix, dan kulit buah berwarna cerah.

Saat ini, Sewu Segar juga tengah memperluas kemitraan di sejumlah wilayah untuk mengisi kekurangan produksi. Ada 15 kelompok tani di Jawa yang telah bermitra.

Dia menambahkan pengembangan kemitraan ini guna mendekatkan daerah produksi dengan konsumen, sehingga dapat menekan ongkos distribusi. "Ini memperkuat pasar di luar Jabodetabek. Karena selama ini Jabodetabek masih menjadi pasar utama," kata dia di Cilegon, Selasa (26/9).

Tag : perkebunan, melon
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top