Solusi Telkomsel dan BlackBerry Buat Tren BYOD

Melalui EMS, Telkomsel memastikan data, konten dan aplikasi perusahaan dapat diakses dari mana saja, kapan saja, dan dengan menggunakan device apa saja secara aman.
Sholahuddin Al Ayyubi | 27 September 2017 13:40 WIB
Calon pembeli memilih ponsel pintar di pusat perbelanjaan elektronik center, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (27/6). - JIBI/Dedi Gunawan

JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel‎) dan Blackberry resmi memperkenalkan Enterprise Mobility Suites (EMS) yang merupakan solusi lengkap untuk keamanan perangkat pelanggan di perusahaan.

Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel, Arief Pradetya mengatakan saat ini peristiwa serangan siber terhadap industri terus meningkat setiap hari.

Kerentanan perusahaan atas serangan siber semakin tinggi di tengah fenomena kebiasaan membawa perangkat dan aplikasi milik pribadi yang biasa disebut sebagai tren bring your own device/license (BYOD/L).

Industri membutuhkan keamanan yang semakin kuat untuk menanggulangi tingginya serangan siber ke perusahaan.

"Kami melihat kebutuhan korporasi akan keamanan digital di era mobilitas ini menjadi tidak terelakan lagi. Untuk itu kami bermitra dengan BlackBerry yang merupakan Leader di Gartner Magic Quadrant untuk Mobility Management Suites edisi Juni 2017 untuk menghadirkan solusi ini," tuturnya di Jakarta, Rabu (27/9).

Dia menjelaskan melalui EMS, Telkomsel memastikan data, konten dan aplikasi perusahaan dapat diakses dari mana saja, kapan saja, dan dengan menggunakan device apa saja secara aman. Menurutnya, hal tersebut juga memungkinkan karyawan perusahaan untuk bekerja secara fleksibel dan lebih produktif.

"Saat ini permintaan pasar korporasi untuk keamanan jaringan bergeser dari jaringan komputer ke jaringan endpoint, yang dideskripsikan oleh BlackBerry sebagai Enterprise of Things (EoT)," katanya.

Sementara itu, Vice President of Global Channels BlackBerry, Richard McLeod mengakui Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi BlackBerry. Dia optimistis melalui kerja sama yang dilakukan bersama Telkomsel, pihaknya dapat membantu perusahaan dalam menghadapi ancaman kebocoran data sekaligus meningkatkan keamanan data.

"BlackBerry dan Telkomsel bekerjasama untuk membantu perusahaan melalui BlackBerry Secure dan memaksimalkan produktivitas. Kami bangga dapat mengumumkan kemitraan dengan Telkomsel, yang juga memperluas ekosistem global kami dengan mitra perusahaan perangkat lunak, khususnya di Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, EMS dapat membantu untuk menyederhanakan kompleksitas bisnis tanpa harus mengorbankan sisi keamanan. Sehingga dia juga menjelaskan pelanggan dapat fokus kepada pengembangan bisnisnya tanpa harus repot memikirkan sistem keamanan IT.

"Melalui dukungan sistem keamanan yang terpercaya dari Blackberry ini, pelanggan korporasi Telkomsel dapat dengan nyaman mengatur berbagai perangkat yang terhubung (connected devices and things)," tuturnya.

Tag : telkomsel
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top