Presiden Minta UKM Produk Kerajinan Bentuk Kelompok

Presiden Joko Widodo menyarankan perajin UKM produk kerajinan saling membentuk kelompok besar dalam mengembangkan usaha.
Rio Sandy Pradana | 27 September 2017 21:01 WIB
Ilustrasi: Pedagang membawa mebel kayu dengan becak motor hingga melebihi kapasitas, di Lhokseumawe, Aceh. - Antara/Rahmad

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyarankan perajin UKM produk kerajinan saling membentuk kelompok besar dalam mengembangkan usaha.

Kepala Negara berpendapat bekerja bersama-sama itu sangat penting. Biaya guna menunjang sarana produksi maupun bahan baku bisa lebih murah dibandingkan dengan bekerja sendiri-sendiri.

“Ini penting sekali, membangun kelompok besar perajin. Harus konsolidasi supaya skala ekonominya bisa besar,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Pameran Kriyanusa Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pada Rabu (27/9/2017).

Dia menambahkan wirausaha kriya yang ada di kota-kota, untuk menerapkan sistem kantor bersama. Perajin UKM kerajinan bisa mencoba sistem tersebut untuk menekan beban sewa tempat produksi juga.

Menurutnya, potensi produk kerajinan di Indonesia sangat besar dengan memiliki 714 suku dengan budaya yang berbeda-beda. Keragaman tersebut adalah sumber inspirasi untuk produk-produk kerajinan, dan menjadi keunggulan.

Dia mengklaim pengrajin-pengrajin internasional sering mengambil inspirasi dari budaya dan alam Indonesia. Masyarakat sendiri yang hidup di Indonesia dan menjalani budaya-budaya, seharusnya bisa lebih terinspirasi.

Tag : ukm
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top