Ini 6 Aplikasi Mobile yang Disiapkan Buat Asian Games 2018

Para finalis Digital Challenge 2017 memamerkan aplikasi mobile buatan mereka yang didesain untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games ke-18 pada tahun depan.
Agne Yasa | 28 September 2017 11:44 WIB
Penataan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta jelang Asian Games 2018. - Dok. PUPR


Bisnis.com, JAKARTA — Para finalis Digital Challenge 2017 memamerkan aplikasi mobile buatan mereka yang didesain untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games ke-18 pada tahun depan.

Digital Challenge 2017 adalah acara hackathon yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan dukungan Ericsson.

Para finalis terpilih lewat proses seleksi dan kualifikasi yang berlangsung pada 18 Agustus—22 September 2017. Dua finalis dari kagetori Sport Digital Experience dan Smart Digital Services akan ditetapkan sebagai pemenang yang aplikasinya akan digunakan dalam Asian Games tahun depan.

Anggota juri yang memilih merupakan pakar dari Ericsson, Kementerian Komunikasi dan Informatika, panitia penyelenggara Asian Games 2018 atau INASGOC, dan sejumlah operator telekomunikasi.

Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika berharap dari program ini dapat menghasilkan solusi dan memberikan nilai tambah bagi kelancaran Asian Games mendatang. 

"Pesan saya, kadang kita melihatnya yang njlimet. Padahal yang simpel saja, itu yang dibutuhkan. Bagaimana para penonton confident cari pertandingan atau tidak bisa ke semua tempat. Streaming. Untuk peserta kita juga bantu dengan solusi yang kita ciptakan," katanya. 

Terdapat enam finalis terpilih Digital Challenge 2017 yaitu Tracking Smart Police, Games Connect: Asian Games 2018, KLOP, JKTPLM 2018, Azams: Asian Games 2018, dan Live BAGAS. 

Tracking Smart Police adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang untuk melaporkan kejadian kriminal yang menimpanya melalui sejumlah fitur yang tersedia di aplikasi, salah satunya adalah panic button. Aplikasi ini mengirimkan informasi lokasi dan tempat kejadian perkara ke kantor kepolisian terdekat.

Games Connect: Asian Games 2018 merupakan aplikasi one-stop yang dapat menghubungkan semua orang dengan Asian Games 2018. Aplikasi ini antara lain memberikan informasi mengenai jadwal pertandingan, pertandingan yang sedang berlangsung, dan menyediakan M-ticketing untuk memfasilitasi pembelian tiket tanpa harus pergi ke lokasi penjualan.

KLOP adalah sebuah platform yang dapat menghubungkan pengunjung dengan informasi dan layanan sesuai dengan tempat dan pertandingan yang mereka datangi.

JKTPLM 2018 memiliki fitur yang memudahkan bagi penonton Asian Games 2018 untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan jadwal pertandingan dan skor terkini dari setiap negara yang berkompetisi. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan data yang bisa menjadi masukan bagi atlet untuk memperbaiki performanya.

Azams:  Asian Games 2018 memungkinkan pendukung dari berbagai negara yang menghadiri Asian Games 2018 mendapatkan informasi terkini terkait tujuan wisata terdekat, sampai dengan mendapatkan akses transportasi untuk menuju kawasan wisata tersebut.

Live BAGAS merupakan aplikasi yang menggunakan teknologi chatbot pada platform media sosial Line. Chatbot ini memberikan informasi yang berhubungan dengan Asian Games 2018 melalui perbincangan di Line.

Tag : Asian Games 2018
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top