Line Developer Day 2017 Bahas Platform Kecerdasan Buatan

Terdapat 39 sesi yang membahas berbagai topik, termasuk aplikasi pesan Line, Clova cloud platform AI, Line Messaging API.
Agne Yasa | 28 September 2017 13:56 WIB
Line - Reuters/Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA -- Line Corporation mengadakan Line Developer Day 2017, sebuah acara khusus buat para pengembang yang menyoroti kemajuan teknologi perusahaan, strategi dan rencana lain. 

Line Developer Day adalah konferensi teknologi tahunan yang diselenggarakan oleh Line untuk berkomunikasi dengan para pengembang tentang berbagai layanan perusahaan.

Terdapat 39 sesi yang membahas berbagai topik, termasuk aplikasi pesan Line, Clova – cloud platform AI, Line Messaging API, sistem akreditasi Line API Expert, dan developer base Line Kyoto yang akan diluncurkan di musim semi 2018.

Melalui siaran pers kepada Bisnis, inti dari Line Developer Day adalah untuk menelaah Clova, atau Cloud Virtual Assistant, teknologi AI LINE yang terbaru.

Dalam kesempatan itu dipaparkan pengembangan produk yang menggunakan fitur Clova, seperti WAVE, yang sudah dipasarkan dalam versi pra-peluncuran, dan pengeras suara pintar CHAMP, yang menampilkan desain berdasarkan karakter resmi Line, serta sebuah proyek gabungan dengan para mitra.

Line juga berencana untuk merilis Clova Interface Connectdan Clova Extension Kit pada 2018, yang memungkinkan para pengembang eksternal dan pihak ketiga untuk mengembangkan produk menggunakan teknologi Clova.

Line Developer Day 2017 juga berisi diskusi soal tren terkini dari Line Messaging API, yang diperkenalkan pada Developer Day tahun lalu.

Sejak peluncurannya, chatbot API Line telah banyak dikembangkan oleh pihak ketiga, dengan lebih dari 130,000 akun chatbot, 10 miliar pengiriman pesan, dan memiliki sekitar 2 miliar teman hingga akhir Agustus 2017.

Platform Messaging API terus diperbarui untuk para pengembang, service provider dan pengguna sehingga mereka dapat memanfaatkan layanan ini dengan lebih mudah.

Salah satunya, "Rich Menu API" yang akan segera diluncurkan, dimana layanan ini memungkinkan para pengembang untuk mengendalikan ukuran dan tata letak rich menu.

Line juga mengumumkan sebuah program baru yang disebut Line API Expert untuk membantu mengembangkan pengetahuan pengembang pihak ketiga dan pihak lain agar platform Line dapat digunakan dan dikembangkan oleh khayalak.

Bagi yang ingin disertifikasi sebagai Line API Expert dapat mengajukan aplikasi pengalaman mereka dalam berbagai kegiatan, seperti memberi presentasi, menyebarkan informasi  atau edukasi di media sosial dan blog mengenai API / SDK.

Tag : over the top
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top