Baru 15% dari Luas Blok yang Berproduksi

Indonesia masih memiliki potensi untuk kegiatan eksplorasi. Sebagai gambaran, baru 15% dari luas blok yang berproduksi.\n\n
Duwi Setiya Ariyanti | 29 September 2017 15:32 WIB
Ilustrasi - tambang.co

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia masih memiliki potensi untuk kegiatan eksplorasi. Sebagai gambaran, baru 15% dari luas blok yang berproduksi.

Deputi Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jaffee Suardin mengatakan masih ada potensi sumber daya 4,3 miliar barel setara minyak yang belum dieksploitasi.

Adapun, dari 23 wilayah kerja minyak dan gas bumi yang akan berakhir masa kontraknya hingga 2021, hanya 15% dari luas total wilayah kerja yang sudah diproduksi. Artinya, menurutnya, masih ada potensi yang mungkin bisa diangkat.

"Dari 23 wilayah kerja eksploitasi yang akan habis di 2021, rata-rata luas wilayah produksi hanya 15%," ujarnya saat memberikan paparan di Kantor SKK Migas, Jumat (29/9/2017).

Lebih lanjut, dia menyebut, pihaknya akan melihat kembali apakah sisa luasan wilayah kerja itu masih memiliki potensi. Adapun, saat ini hanya 60% dari produksi minyak yang tergantikan sementara gas lebih dari 100%. Pasalnya, saat ini lebih banyak ditemukan sumber-sumber cadangan minyak daripada gas.

"Kita harus lihat lebih lanjut apakah masih ada potensi untuk eksplor. Apa yang kita peres, kita coba peres," katanya.

Tag : blok migas
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top