PostgreSQL Perkenalkan Versi Teranyar

PostgreSQL Global Development Group resmi memperkenalkan versi terbaru dari software database open source bernama PostgreSQL 10 yang ikut menandai perubahan skema penaamaan menjadi format x.y.
Sholahuddin Al Ayyubi | 07 Oktober 2017 20:31 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—PostgreSQL Global Development Group resmi memperkenalkan versi terbaru dari software database open source bernama PostgreSQL 10 yang ikut menandai perubahan skema penamaan menjadi format x.y.

Anggota inti PostgreSQL Global Development Group, Magnus Hagander mengemukakan PostgreSQL 10 teranyar tersebut meliputi peningkatan signifikan untuk secara efektif menerapkan strategi memecah dan menaklukkan yang menjadi fitur penting untuk menangani workloads database modern. Menurutnya, strategi memecah dan menaklukkan tersebut merujuk pada kemampuan mendistribusikan data ke banyak simpul untuk mempercepat akses, manajemen, dan analisis data.

“Fokus komunitas pengembang kami adalah membangun fitur yang memanfaatkan konfigurasi infrastruktur modern untuk mendistribusikan workloads,” tuturnya di Jakarta, Jumat (7/10).

Dia menjelaskan PostgreSQL 10 dinilai dapat memberikan dukungan yang lebih baik untuk paralelisasi query dengan memparalelkan lebih banyak bagian dari proses eksekusi query. Menurutnya, peningkatan mencakup tambahan jenis pemindaian data yang diparalelkan serta dioptimalkan saat data digabungkan kembali, seperti pra-penyortiran, sehingga memungkinkan hasil query dapat dikembalikan lebih cepat.

“Replikasi logikal memperluas fitur replikasi dari PostgreSQL saat ini dengan kemampuan untuk mengirim perubahan pada tingkat per-database dan per-tabel ke database PostgreSQL yang berbeda. Pengguna kini dapat menyempurnakan data yang direplikasi ke berbagai cluster database dan akan memiliki kemampuan untuk melakukan upgrade dengan zero-downtime ke versi PostgreSQL mendatang,” katanya.

Sementara itu, CEO PT. Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang mengatakan penerapan PostgreSQL10 merupakan sebuah “misi penyelamatan” terhadap kebutuhan akan sistem yang mumpuni dan berperforma tinggi serta mampu menangani beban produksi masif. Menurutnya, Equnix dengan semangat Open Source selalu berusaha mengemban misi tersebut untuk membantu perusahaan-perusahaan profesional, khususnya di dunia perbankan, finansial, dan industri.

“Perusahaan itu pada dasarnya sudah menggunakan RDBMS (Relational Database Management System) dengan biaya berlangganan dan layanan dukungan yang cukup membebani. Equnix hadir dengan semangat Open Source, mengusung PostgreSQL sebagai solusi untuk menyelamatkan korporasi,” ujarnya.

 

 

Tag : digital
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top