Jet Blast Garuda Sembur Batik Air, 8 Orang Terluka

Pesawat Garuda dan Batik Air dikabarkan tabrakan di bandara Ahmad Yani Semarang Senin (09/10).
Hadijah Alaydrus | 10 Oktober 2017 08:38 WIB
Bandara Ahmad Yani, Semarang - Antara

Bisnis.com,JAKARTA - Sebanyak empat korban insiden jatuhnya tangga pesawat Batik Air 6356 akibat terhempas oleh jetblast dari pesawat Garuda di Bandara Ahmad Yani, Semarang, telah diizinkan pulang hari ini, Selasa (10/10).

Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura I Israwadi menuturkan 4 korban sisanya masih berada dalam perawatan di RS Colombia Asia, Semarang.

"Plus 1 penumpang yg tidak ada luka hanya shock sehingga tidak ada perawatan RS," ungkapnya kepada Bisnis, Selasa (10/10).

Dia menambahkan Komite Nasional Kecelakaan Transportasi mulai pagi ini akan melakukan investigasi terhadap insiden jatuhnya tangga pesawat yang mencederai 8 orang tersebut.

Laporan Otoritas Bandara Wilayah III mengungkapkan detail korban yang telah dilarikan ke RS Columbia a.l. satu penumpang Batik Air, enam porter kokapura, dan satu petugas AMC.

Adapun insiden ini terjadi pada pukul 15.41 WIB, saat pesawat Garuda GA355 melakukan taxi dan berbelok menuju parking stand nomor 8.

Sebelumnya, jet blast Pesawat Garuda dilaporkan menyembur Batik Air di bandara Ahmad Yani Semarang Senin (09/10).

Otoritas Bandara Wilayah III melaporkan Kronologi kejadian yang terjadi 15.41 wib saat Garuda Indonesia Nomor Penerbangan: GA 365 dengan rute Surabaya- Semarang dengan kapten pilot Samuel Gasperzi taxi dan berbelok menuju parking stand nomor 8, jet blast (semburan mesin) pesawat Garuda mengenai pesawat Batik Air Airbus A320 registrasi PK-LUG rute SRG-CGK PIC : Capt Suwandi Djikdjadja.

Pesawat  dengan nomor penerbangan ID6355 yang sedang melaksanakan Proses Final Boarding (70%) di parking stand no 3 menggunakan 2 tangga.

Tangga pesawat Batik Air yang belakang terhempas oleh Jet Blast dan roboh mengenai 6 petugas Porter, 1 petugas AMC dan 1 Penumpang Batik Air yang sedang menaiki tangga.

Detail korban (8 orang) yang telah dilarikan ke RS Columbia Smrg sbb;

1 Penumpang Batik Air sedang proses CT SCAN
6 Porter kokapura:
1 dislokasi tulang pinggul, 1 terkena dada menunggu hasil SCAN,
2 kepala bocor menunggu hasil scan,
2 proses operasi bedah
1 petugas AMC, proses operasi bedah rusuk kanan smp pinggul.

Adapun Nama Korban sbb;

Data korban dari porter GH Kokapura :
1.Agus abdul Rozaq
2.Charis Pujianto
3.feri Eka Pratama
4.Huda
5.Galih
6.casan Ma’ruf

Data korban dari penumpang :
1.Suripto ( PNR FZXAYE )
*1 penumpang (rekan ybs tdk jd onboard krn membantu korban ke RS)

Data dari personil AMC :
1.Erik Novella

Pesawat Batik Air tidak mengalami kerusakan yang berarti dan diberangkatkan menuju CGK setelah Apron dinyatakan Clear oleh Angkasa Pura pd Pukul 16.10 WIB.

 

Tag : garuda indonesia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top