Honda & Whill Pamer Kursi Roda Bertenaga Listrik

Dua produsen yang ikut memamerkan produk kursi roda bertenaga listrik adalah Honda Motor dan Whill.
Rahayuningsih | 10 November 2017 13:42 WIB
Ilustrasi - Honda

Bisnis.com, JAKARTA—Demam kendaraan listrik merambah di hampir seluruh segmen. Selain mobil dan motor, kini kursi roda pun ada yang menggunakan energi tersebut sebagai bahan bakar utama seperti yang dipamerkan dalam Tokyo Motor Show 2017 beberapa waktu lalu.

Asyiknya, wheelchair bertenaga listrik tidak sekadar untuk mobilitas di dalam ruang tetapi dapat dipergunakan di jalan raya. Dua produsen yang ikut memamerkan produknya adalah Honda Motor dan Whill.

Pada pameran otomotif yang sudah berakhir pada 5 November dengan jumlah penonton mencapai 771.200 pengunjung dari seluruh dunia tersebut, Honda memperkenalkan Chair-Mobility Concept.

Kendaraan yang hampir mirip dengan Segway tetapi dipergunakan dalam keadaan duduk itu diciptakan untuk memperluas ruang gerak bagi orang-orang yang tidak mampu berjalan jauh seperti orang yang sudah tua, dan disabilitas.

Ukurannya yang kecil dan ramping dipastikan tidak akan mengganggu para pejalan kaki lainnya bahkan mempermudah si pengendara bergerak lebih gesit dan cepat.

Produk lainnya adalah produksi perusahaan Whill. Berangkat dari rasa empati atas orang-orang yang tak leluasa bergerak karena menggunakan kursi roda, para pendiri perusahaan ini pun menciptakan produk yang didesain lebih menarik dan dapat bergerak di berbagai kondisi jalan termasuk jalan menurun-menanjak.

Saat baterai kursi roda Whill dalam status penuh maka kendaraan ini dapat dipergunakan sejauh 19 kilometer dengan berkecepatan maksimal 5,5 miles per hour. Menariknya, kursi roda ini juga dilengkapi dengan aksesoris seperti tempat menaruh handphone, alat penerang jalan, tas, dan tempat minum. Tak hanya itu, bagi pengendara yang pergi berbelanja, di bagian bawah kursi roda dapat dipergunakan sebagai bagasi kecil.

Serupa dengan Chair Mobility Concept, Whill juga dapat dipergunakan bagi siapa saja yang ingin bergerak leluasa tanpa rasa lelah meski kendaraan ini sangat disarankan untuk orang tua dan penyandang disabilitas.

Tag : mobil listrik
Editor : Rachmad Subiyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top