Perangkat Pelacak Mini Samsung Connect Tag

Samsung Connect Tag berfungsi sebagai label pintar, dilengkapi dengan konektivitas seluler untuk bertukar data
Gombang Nan Cengka | 13 November 2017 09:39 WIB
samsung connect tag

Bisnis.com, JAKARTA - Semua perangkat pintar kini telah dilengkapi oleh sistem pemantau lokasi. Fitur ini kerap digunakan untuk mendukung navigasi atau keamanan, misalnya orang tua yang memanfaatkan ponsel pintar untuk memantau posisi anaknya.

Namun, solusi ini tidak bisa digunakan dengan hewan atau barang-barang.  Kadang-kadang kita ingin melacak orang, hewan peliharaan, atau barang berharga. Produk seperti Samsung Connect Tag menawarkan alternatif yang lebih mudah dan murah.

Samsung Connect Tag berfungsi sebagai label pintar, dilengkapi dengan konektivitas seluler untuk bertukar data, serta WPS (Wi-Fi based Positioning System) dan GPS (Global Positioning System) untuk penentuan lokasi. Label pintar ini juga bisa menggunakan penentuan lokasi berdasarkan Cell ID (jaringan seluler).

Menurut Samsung, produknya ini merupakan perintis dalam penggunaan teknologi NB-IoT (narrowband network technology for Internet of things), standar komunikasi seluler yang dirancang untuk penggunaan data yang minimal dan lebih hemat energi.

Samsung Connect Tag dilengkapi dengan akselerometer dan baterai yang bisa bertahan selama tujuh hari sebelum diisi ulang. Pada saat ini produk ini hanya bisa digunakan berpasangan dengan ponsel Android.

Label pintar ini berukuran kompak, dengan lebar 4,21 cm dan tebal 1,19 cm. Samsung merancang agar produknya ini tahan air dan tahan debu. Selain itu label ini dilengkapi dengan cicin yang bisa dipasang di tas, kerah, atau mainan kunci. 

Produk Connect Tag ini bisa ditempelkan ke ransel anak-anak atau ke leher anjing atau kucing, atau ke benda-benda lain seperti kunci rumah, atau bahkan mobil. Fitur pelacakan terintegrasi membuat pemiliknya bisa mengetahui posisi label pintar ini setiap saat.

Fitur geofence (pagar lokasi) memungkinkan pemantau untuk mengetahui bila orang atau benda yang ditempeli Samsung Connect Tag ini mendekati suatu daerah. Sebagai contoh, orang tua yang ingin tahu kapan anaknya sampai di sekolah bisa mengatur agar diberi notifikasi di ponselnya ketika anaknya memasuki daerah sekolah (yang sudah bisa diatur sebelumnya). Pemilik anjing bisa diberi tahu ketika hewan peliharaannya itu sudah pulang dari bermain-main, dengan mengatur agar notifikasi muncul ketika memasuki daerah sekitar rumah.

Produk ini bisa digunakan terintegrasi dengan sistem rumah pintar. Bila pemakai Connect Tag ini terdeteksi sudah berada di pekarangan, sistem rumah pintar bisa otomatis menghidupkan lampu dan televisi.

Pemilik Samsung Connect Tag tidak harus membatasi diri pada pelacakan hewan atau orang. Sebagai contoh, bila dipasang di mobil, pemilik Samsung Connect Tag tidak perlu lagi khawatir akan lupa lokasi kendaraannya itu di tempat parkir. 

Tag : inovasi
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top