Kemendag & Kadin Teken MoU Integrasi Data Perusahaan Secara Online

Kementerian Perdagangan bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melakukan kesepakatan tentang integrasi data perusahaan di bidang perdagangan secara online.
Rayful Mudassir | 07 Desember 2017 16:42 WIB
. - .

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Perdagangan bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melakukan kesepakatan tentang integrasi data perusahaan di bidang perdagangan secara online.

Kesepakatan tersebut dilakukan guna membuka akses keterbukaan informasi antar kedua lembaga itu. Baik Kemendag maupun Kadin juga sepakat untuk pengurusan administrasi perdagangan oleh pengusaha dalam satu pintu.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Roeslan P. Roeslani dan Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Kariyanto Supri. Perjanjian tersebut juga diketahui serta ditandatangani oleh Kemendag, Enggartiasto Lukita.

Ketua Umum Kadin Indonesia Roesan P. Roeslani mengatakan kesepakatan ini sangat bersejarah bagi Kadin Indonesia dan seluruh kabupaten kota. Hal ini dianggap bukan hanya kesepakatan tapi menjadi lompatan besar bagi antar kedua institusi tersebut.

"Seluruh perusahaan harus menjadi anggota Kadin dan Alhamdulilah hari ini kita implementasikan ini dengan Departemen Perdagangan," kata Roesan usai penandatangan tersebut di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Kesepakatan ini akan membuat sistem informasi di Kadin dalam bentuk online. Disamping itu mata rantai birokrasi di Kadin juga akan dipersingkat sehingga tidak menjadi masalah bagi pengusaha.

Setiap pengusaha yang mendaftar di Kementerian Perdagangan dan pengurusan izin ekspor impor, akan langsung terdaftar sebagai anggota Kadin, ditandai dengan pemberian nomor id anggota.

"Kerja sama ini tidak boleh memberikan beban ke perusahaan dan anggota kadin lainnya. tidak boleh ada biaya," kata Roesan.

Selain itu lanjut Roesan, setiap anggota Kadin yang telah berada di Kadin juga akan memantau usaha legal yang dilakukan oleh anggota. Jika diketahui ada anggota yang melakukan pelanggaran, akan dicopot dari keanggotaan Kadin.

"Kami siap lakukan itu pak menteri. Ini suatu anugerah yang luar biasa sampai ke kabupaten kota. Akan segera kami sosialisasikan hal ini," tukasnya.

Tag : kadin
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top