Impor Mesin dari Taiwan Naik 9%

Impor mesin produksi Taiwan terus tumbuh. Sepanjang Januari hingga Juli 2017, impor peralatan mesin buatan negara ini mencapai US$35,56 juta atau naik 9% secara tahunan.
Annisa Sulistyo Rini | 07 Desember 2017 09:06 WIB
Exhibitor mengamati mesin robotik di salah satu stan pameran Manufacturing Indonesia 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (6/12). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA—Impor mesin produksi Taiwan terus tumbuh. Sepanjang Januari hingga Juli 2017, impor peralatan mesin buatan negara ini mencapai US$35,56 juta atau naik 9% secara tahunan.

John C. Chen, Perwakilan Taipei Economic and Trade Office di Indonesia, mengklaim Taiwan menjadi pemasok peralatan mesin terbesar ketiga bagi Indonesia.

Pada tahun lalu Taiwan menyumbang 12,03% dari nilai total impor mesin bubut dan mesin putar yang sebesar US$66,53 juta. Untuk permesinan, Taiwan memasok 14,26% dari total nilai impor Indonesia yang sebesar US$491 juta. 

"Taiwan masih menjadi salah satu pemasok utama peralatan mesin ke pasar Indonesia dan akan terus menjadi mitra yang baik," ujarnya di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Chen menambahkan ekspor mesin bubut center dari Taiwan ke Indonesia merupakan ekspor tertinggi kedua pada tahun lalu dan tahun ini berada di peringkat keempat. 

Nilai keseluruhan produksi mesin Taiwan pada tahun ini diprediksi bisa melebihi US$3,3 miliar. Sepanjang periode Januari hingga Oktober 2017, ekspor mesin Taiwan naik 15,2% y-o-y menjadi US$2,7 miliar. 

Lebih jauh, Chen menyatakan program mesin pintar merupakan salah satu tujuan utama pengembangan industri dari Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Program ini bertujuan memperkuat rantai nilai industri dalam manufaktur, produk, dan layanan cerdas melalui produksi yang disesuaikan dan memanfaatkan peluang di pasar kedirgantaraan senilai US$5,2 triliun. 

"Pemerintah Indonesia juga telah secara aktif mempromosikan pengembangan industri otomotif lokal dengan harapan bisa menjadi pusat perakitan mobil terbesar di Asia Tenggara," ujarnya.

Saat ini, Taiwan merupakan produsen alat mesin terbesar ke-7 di dunia dengan pangsa pasar sebesar 5% hingga 6%.

Untuk memperkenalkan produk dan inovasi mesin terbaru, beberapa pelaku industri mesin Taiwan hadir pada Pameran Manufacturing Indonesia 2017 di Jakarta International Expo Center. Sebanyak tujuh perusahaan Taiwan akan menampilkan solusi permesinan serta contoh produk yang dibuat oleh mesin mereka masing-masing.

Perusahaan-perusahaan tersebut adalah Chin Fong Machibe Industrial, Kao Fong Machinery, Victor Taichung Machinery Works, Lien Chieh Hydraulic Industrial, Shieh Yih Machinery Industry, Hota Industrial Mfg., dan Supertec Machinery Inc. 

 

Tag : mesin industri
Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top