Iruna Kembangkan Konsep Gudang Berjalan

Iruna e-Logistics mengembangkan konsep pengiriman paket yang dinamakan Spiderloop System.
Abdul Rahman | 07 Desember 2017 19:51 WIB
Ilustrasi kegiatan logistik sebagai bagian dari aktivitas jasa kurir - Reuters/Jason Lee

Bisnis.com, JAKARTA - Iruna e-Logistics mengembangkan konsep pengiriman paket yang dinamakan Spiderloop System.

Chief Executive Officer Iruna Yan Hendri Jauwena mengatakan konsep ini menggunakan armada van yang didalamnya berisi paket untuk selanjutnya diteruskan ke armada roda dua sebagai pengumpan atau feeder.

"Jadi fungsi van itu seperti gudang yang bergerak. Van akan terus berkeliling mencari titik terdekat dari feeder," ujarnya pada Kamis (7/12/2017).

Dia mengklaim sistem ini akan menghemat waktu dan biaya pengiriman barang dari penjual ke pembeli. Sebab, kurir sepeda motor tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke gudang untuk mengambil paket.

Menurutnya, cara tersebut sudah tidak efektif lagi. Apalagi dengan hadirnya dagang-el yang menuntut kecepatan, maka proses pengiriman barang juga harus berubah.

Untuk diketahui, pola pengiriman barang yang jamak digunakan adalah hub & spoke. Menurut Yan, pola tersebut memerlukan biaya yang besar karena harus membangun gudang, mengeluarkan biaya handling dan menurunkan kualitas barang.

Namun, dengan sistem yang mereka kembangkan, semua biaya tersebut bisa dihilangkan. Oleh karena itu, dia berani mengklaim biaya pengiriman untuk same day delivery lebih murah tiga kali lipat dibandingkan dengan perusahaan jasa kurir lain.

"Kalau kurir lain same day delivery-nya Rp33.000, kami bisa kasih Rp12.500," tuturnya.

Konsep ini sudah diimplementasikan di tiga kota yaitu Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

Tag : jasa kurir
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top