UI Jadi Kampus Hijau Terbaik, Ini Dasar Penilaian GreenMetric

Universitas Indonesia menjadi kampus hijau terbaik di Tanah Air diikuti Institut Pertanian Bogor dan Institute Teknologi Sepuluh November.
Rayful Mudassir | 11 Desember 2017 17:05 WIB
Kampus Universitas Indonesia. - .wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA – Universitas Indonesia menjadi kampus hijau terbaik di Tanah Air diikuti Institut Pertanian Bogor dan Institute Teknologi Sepuluh November.

Pengumuman tersebut dikelurkan oleh lembaga riset UI greenmetric world university rangkings 2017. Sejak awal tahun, lembaga ini konsen terhadap kampus yang berkomitmen dalam melaksanakan pengelolaan lingkungan di kampus.

Ketua UI GreenMetric, Riri Fitri Sari mengatakan penelitian tersebut dilakukan terhadap puluhan kampus di Indonesia. Sekitar 58 perguruan tinggi di Indonesia terdaftar dan ikut berkomitmen dalam program pelestarian lingkungan di kampus.

“Kita selalu awal tahun [memulai riset]. Mulai April sudah melakukan konferensi internasional,” kata Riri Fitri usai pengumuman rangking kampus hijau terbaik dunia dan Indonesia di Kampus UI, Depok, Senin (11/12/2017).

Sejumlah penilaian dilakukan oleh tim riset tersebut, seperti penataan lingkungan hijau di kampus, penggunaan energi terbarukan pengganti energi fosil, transportasi kampus yang ramah lingkungan hingga matakuliah yang mengangkat soal pengelolaan lingkungan.

Selain tiga kampus hijau terbaik sesuai peringkatnya, UI GreenMetric juga merilis peringkat kampus hijau lainnya. Universitas Negeri Malang mendapat peringkat keempat, Universitas Sebelas Maret peringkat lima dan Universitas Dipenogoro pada urutan keenam.

Kemudian Universitas Brawijaya pada posisi ke tujuh, Universitas Islam Indonesia urutan delapan, Terlkom University di peringkat Sembilan dan posisi 10 ialah Universitas Padjajaran Bandung.

 

Tag : ui
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top