Jembatan Timbang Agar Digunakan Ramp Check Rutin

Pemerintah dinilai dapat menggunakan jembatan timbang untuk melakukan kegiatan ramp check rutin terhadap angkutan barang truk.
Yudi Supriyanto | 14 Desember 2017 10:29 WIB
Truk di kendaraan jembatan timbang di Kediri, Jawa Timur. - Antara/Asmaul Chusna

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah dinilai dapat menggunakan jembatan timbang untuk melakukan kegiatan ramp check rutin terhadap angkutan barang truk.

Akademisi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno mengatakan, pemerintah juga harus melakukan kegiatan ramp check terhadap angkutan barang truk demi keselamatan di jalan selain melakukan ramp check terhadap angkutan penumpang.

"Namun, angkutan barang juga harus dilakukan secara rutin. Lokasi jembatan timbang dapat digunakan untuk melakukan itu," kata Djoko, Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Saat ini, dia menjelaskan, pemerintah baru mengoperasikan 25 jembatan timbang yang diambil alih dari pemerintah daerah. Oleh karena itu, lanjutnya pemerintah bisa memanfaatkan jembatan timbang yang belum beroperasi mengingat jumlahnya mencapai 77 jembatan timbang.

"Dari 100 UPPKB yang dipertahankan (77 UPPKB) dan direlokasi (23 UPPKB), tahun ini baru 26 UPPKB yg akan dioperasikan. Sedangkan sisanya menyusul operasi hingga tuntas di thn 2019. Sebagian UPPKB yg belum dioperasikan dapat dimanfaatkan untuk rutin ramp check," katanya.

Dia meyakini, angkutan truk bermasalah bisa berkurang jika pemerintah secara rutin melakukan kegiatan ramp check terhadap angkutan barang truk.

Tag : jembatan timbang
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top