Patrakom Luncurkan Aplikasi Mobile Vessel Information System

Patrakom meluncurkan produkaplikasi Vessel Information System, solusi aplikasi mobile berbasis Android dan IOS, guna memenuhi kebutuhan industri maritim.
Yusran Yunus | 14 Desember 2017 21:57 WIB
Suasana peluncuran solusi aplikasi mobile berbasis Android dan IOS, Vessel Information System (VIS) oleh Patrakom - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Patra Telekomunikasi Indonesia (Patrakom), yang sejak 2013 bernaung di bawah PT Telkom Indonesia Tbk, meluncurkan produkaplikasi Vessel Information System (VIS), solusi aplikasi mobile berbasis Android dan IOS, guna memenuhi kebutuhan industri maritim di Tanah Air.

Aplikasi tersebut diluncurkan dalam acara bertajuk Digitalization on Maritime Sector, Launching of Patrakom’s Mobile App Vessel Information System pada Rabu (13/12/2017).

Direktur Bisnis Patrakom, Endi Fitri Herlianto, mengatakan kehadiran aplikasi VIS sebagai wujud dukungan nyata perseroan dalam mendukung program Presiden Joko Widodo guna menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Patrakom semakin memantapkan diri sebagai perusahaan yang melayani berbagai segmen bisnis dengan fokus pada industri maritim dan energi.

Sejak 2016, paparnya, Patrakom memulai kiprahnya dalam sektor maritim dengan menjadi mitra Pelni dan Pertamina Shipping dalam hal menyediakan ICT Sistem Komunikasi Kapal Laut yakni dalam bentuk penyediaan layanan Internet di kapal PT Pelni dan PT Pertamina.

"Kami menyadari layanan telekomunikasi telah menjadi tulang punggung keberhasilan bisnis pelanggan. Oleh karena itu, Patrakom terus berinovasi dalam hal layanan dan teknologi untuk melayani pasar satelit maritim di Indonesia," katanya pada Kamis (14/12/2017).

Aplikasi VIS memiliki beberapa keunggulan dalam membantu memaksimalkan potensi kapal sekaligus melakukan efisiensi biaya operasional pelanggan, dengan berbagai fitur keunggulan di antaranya dapat memonitor posisi kapal secara real time yang ditampilkan dalam peta secara presisi.

Fitur pergerakan kapal itu memang memungkinkan dapat memonitor pergerakan satu kapal secara real time dan lebih spesifik.

Kemudian, ada database data tracking yang besar di mana memungkinkan untuk dapat melihat data tracking kapal sampai periode tahunan, rangkuman perjalanan kapal selama satu minggu terakhir dapat dilakukan dengan satu klik, dapat memonitor konsumsi bahan bakar secara periodik serta performansi mesin kapal.

Tag : patrakom
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top