Tol Solo-Kertosono Perkuat Ekonomi Solo

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun infrastruktur di daerah Solo sebagai upaya untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah.
Ropesta Sitorus | 16 Desember 2017 17:43 WIB
Kendaraan keluar Gerbang Tol Kertosono-Mojokerto Seksi 1 di Desa Tembelang, Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/6). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun infrastruktur di daerah Solo sebagai upaya untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah.

Salah satu yang tengah dibangun saat ini yakni jalan tol Solo-Kertosono sepanjang 178,45 kilometer.

“Tol ini ditargetkan dapat beroperasi pada tahun 2018 mendatang,” demikian disampaikan Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR dalam keterangan resmi, Sabtu (16/12/2017).

Tol Solo-Kertosono yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memperluas akses dan konektivitas baru di daerah tersebut.

Keberadaaan infrastruktur jalan tol diharapkan akan memudahkan transportasi dari dan menuju sekolah, salah satunya sekolah alam yang memiliki daya tarik dan berkonsep unik serta menjadi tempat belajar 100 siswa siswi lokal maupun mancanegara.

Selain jalan tol, di daerah tersebut tengah, tepatnya di daerah Karanganyar tengah dibangun Bendungan Gondang berdaya tampung 9 juta meter kubik.

“Bendungan Gondang diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian dan mengairi lebih dari 4600 hektar. Selain itu juga difungsikan sebagai penyedia air baku bagi kebutuhan 200 ribu jiwa.”

Kementerian PUPR menghadirkan pembangunan dan penyediaan sarana prasarana di Kota Solo sebagai upaya pembangunan berkeadilan untuk rakyat, salah satu agenda Presiden Jokowi dalam Nawacita.

Tag : solo
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top