Baru 3 SPBU yang Ditambah Dispenser Gas

Baru tiga unit stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang telah dipasang dispenser gas mengacu pada Peraturan Menteri ESDM No.25/2017 tentang Pemanfaatan Bahan Bakar Gas untuk Transportasi Jalan.
Duwi Setiya Ariyanti | 21 Desember 2017 21:11 WIB
Petugas memeriksa dispenser gas saat Peresmian SPBG Ecostation terintegrasi SPBU di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) Ecostation, Jalan Cilandak, Jakarta, Kamis (4/5). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Baru tiga unit stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang telah dipasang dispenser gas mengacu pada Peraturan Menteri ESDM No.25/2017 tentang Pemanfaatan Bahan Bakar Gas untuk Transportasi Jalan.

Melalui Peraturan Menteri No.25/2017, badan usaha wajib menambah dispenser gas pada unit SPBU yang ada yang berada di dekat jaringan pipa gas bumi. Adapun, pemerintah nantinya akan menetapkan peta jalan berikut titik mana yang harus memulai penambahan dispenser gas lebih dulu.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Harya Adityawarman mengatakan di tahun ini terdapat tiga SPBU yang telah dipasangi dispenser gas.

"Seingat saya, tahun ini ada 3 SPBU yang sudah dipasangi," ujarnya di Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Hingga kini, dia menyebut badan usaha masih belum menetapkan SPBU mana yang akan diprioritaskan tahun depan. Sebagai contoh, dia menyebut PT Pertamina (Persero) masih memilih SPBU mana yang bisa dipasang dispenser gas lebih dulu.

"Belum. Pertamina bilang mau buat daftar mana saja SPBU yang diprioritaskan," katanya.

Sebelumnya, ESDM telah mengidentifikasi 150 SPBU eksisting yang sudah terdapat infrastruktur gasnya sehingga siap dipasang dispenser gas.

Adapun, tambahan unit SPBU ini diharapkan bisa menyediakan bahan bakar gas pada 2019. Dari 68 unit stasiun bahan bakar gas (SPBG) yang terpasang, nantinya bisa bertambah menjadi 238 unit dari SPBU yang menyediakan bahan bakar gas.

Secara total menurut data Kementerian ESDM jumlah SPBG saat ini terdapat 68 unit. Angka itu jauh lebih rendah dibandingkan dengan Iran yang memiliki 2.350 SPBG dan Thailand dengan 470 SPBG pada 2016.

Tag : spbu
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top