Inilah Tiga Kampanye Belanja Online Terpopuler 2017

Tim riset iPrice mencatat setidaknya ada tiga kampanye belanja online terpopuler di Indonesia sepanjang 2017.
Saeno | 24 Desember 2017 11:12 WIB
Ketua Panitia Harbolnas 2017 Achmad Alkatiri (dari kanan) berbincang dengan Chief Harbolnas 2016 Miranda Suwanto, Country General Manager ShopBack Indra Yonathan, Marketing Director Zalora Indonesia Jo Bjordel dan Chief Marketing Officer Piotr Jakubowski saat jumpa pers Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 di Jakarta, Kamis (16/11). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Tim riset iPrice mencatat setidaknya ada tiga kampanye belanja online terpopuler di Indonesia sepanjang 2017.

Ketiga momen itu adalah Ramadan, Single’s Day 11.11 dan Harbolnas 12.12.

"Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, bulan Ramadan menjadi salah satu momen besar di Indonesia. Kami menemukan fakta menarik mengenai perilaku konsumen Indonesia saat bulan Ramadan di tahun ini," demikian laporan tim riset iPrice, dipublikasikan 21 Desember 2017.

Dalam laporan yang dipublikasikan di laman iprice.co.id yang dipantau Minggu (24/12/2017) pukul 10.59 WIB menyebutkan adanya aktivitas belanda online di waktu sahur pada bulan Ramadan.

"Masyarakat Indonesia menggunakan waktu sahur sebagai waktu untuk berbelanja online. Terdapat lonjakan sebanyak 400% saat pukul 5 dini hari di periode ini," demikian laporan tim iPrice.

Ditambahkan bahwa konsumen Indonesia juga berbelanja online saat jam makan siang, yakni meningkat sebesar 50%.

Terkait event Single’s Day 11.11, tim riset iPrice juga perbandingan popularitas e-commerce di Indonesia dan menganalisa perilaku belanja konsumen online.

"Lazada, Shopee, dan Bukalapak adalah e-commerce yang paling populer di mayoritas provinsi di Indonesia. Terdapat lonjakan search interest pada Lazada saat pukul 01.00 dan 13.00. Popularitas Tokopedia tetap tinggi meskipun mereka tidak melakukan promo spesial apa pun selama periode Single’s Day," tulis tim riset iPrice.

Sementara itu, setelah 11.11, search interest semua e-commerce turun dan kembali seperti biasa

Selanjutnya, pada momen Promo Harbolnas 12.12, tim iPrice mengumpulkan data perilaku konsumen dengan menggunakan data Google Trends.

"Lima besar e-commerce yang paling populer selama Harbolnas adalah Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Zalora. Lazada mengalami peningkatan search interest yang cukup signifikan pada tanggal 11 Desember 2017 pukul 21.00. Hal ini dikarenakan acara konser spesial mereka di salah satu stasiun televisi nasional. Lonjakan drastis pada semua lima besar e-commerce pada tanggal 12 Desember 2017 pukul 10.00-13.00, " papar laporan tersebut.

Secara regular, iPrice Group mengeluarkan studi dan juga riset mengenai industri e-commerce, tekonologi dan juga startup di Asia Tenggara. Riset-riset lain bisa dilihat di lama ini,

Sumber : iprice.co.id

Tag : e-commerce
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top