Malam Tahun Baru, Telkomsel Prediksi Layanan Data Naik 34,95%

Telkomsel mempresikdi layanan data akan mencapai trafik tertinggi hingga 498 TB (Tera byte) atau naik 34,95% dibandingkan dengan tahun sebelumnya saat puncak perayaan malam Tahun Baru.
Ema Sukarelawanto | 27 Desember 2017 09:10 WIB

Bisnis.com, DENPASAR—Telkomsel mempresikdi layanan data akan mencapai trafik tertinggi hingga 498 TB (Tera byte) atau naik 34,95% dibandingkan dengan tahun sebelumnya saat puncak perayaan malam Tahun Baru.

VP Sales & Marketing Telkomsel Area Jawa Bali Ericson Sibagariang mengatakan kondisi tersebut seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh pelanggan untuk video & music streaming, games online, chating, media sosial, dan penggunaan berbagai aplikasi.

“Untuk layanan suara kami perkirakan 106 juta menit dan SMS mencapai 33 juta SMS/hari,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (27/12/2017).

Menurut Ericson sebagai langkah antisipasi Telkomsel Regional Bali Nusa tenggara melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh wilayah Bali, NTB dan NTT.

Tidak kurang sebanyak 32 BTS baru disiapkan secara khusus untuk momen ini, agar masyarakat dapat terus menikmati layanan telekomunikasi berkualitas saat trafik tercatat mengalami lonjakan cukup tinggi setiap tahunnya, khususnya layanan data.

“Momen Tahun Baru merupakan periode saat kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, khususnya dalam penggunaan layanan data. Kami selalu mengantisipasi melalui serangkaian aktivitas optimasi jaringan,” tuturnya.

Dalam hal kemampuan penanganan pelanggan (visitor location register (VLR) ditingkatkan sebesar 12 juta pelanggan.

Selain itu lebih dari 9.400 BTS Telkomsel yang tersebar di wilayah Regional Bali Nusa Tenggara dipastikan berfungsi dengan baik untuk melayani pelanggan di mana pun mereka berada.

“Telah tergelarnya jaringan Telkomsel 4G LTE di lebih dari 41 kota di wilayah Bali Nusa Tenggara, khususnya di lokasi-lokasi strategis, yang didukung oleh sekitar 1.777 BTS 4G kami harapkan juga dapat memberikan pengalaman mobile broadband terbaik kepada pelanggan”, tambah Ericson.

Pada periode menyambut Tahun Baru 2018, Telkomsel telah melakukan identifikasi terhadap 43 titik keramaian utama yang diprediksi akan dipadati oleh pelanggan di masa pergantian tahun.

Beberapa lokasi tersebut di antaranya bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, mal dan pusat perbelanjaan, serta rumah ibadah.

Di wilayah tersebut diprediksi akan terjadi rata-rata peningkatan trafik layanan data sebesar 24% bila dibandingkan dengan trafik di hari normal di tahun 2017.

Pada lokasi strategis yang memerlukan peningkatan kapasitas dan kualitas, Telkomsel Bali Nusra juga mengerahkan 5 Compact Mobile BTS (Combat) untuk menjaga agar jaringan tetap prima selama momen pergantian tahun.

Tag : layanan data, Malam tahun baru 2018
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top