Kemenaker Siapkan Sinergi Dengan Industri Tahun Depan

Kementerian Ketenagakerjaan akan melakukan sinergi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, pelaku industri pada 2018, guna membangun tenaga kerja unggul.
Rayful Mudassir | 29 Desember 2017 13:58 WIB
Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/3). - Antara/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan akan melakukan sinergi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, pelaku industri pada 2018, guna membangun tenaga kerja unggul.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Hery Sudarmanto mengatakan sinergi ini untuk menciptakan tenaga kerja yang mempunyai kompetensi sesuai keahlian yang dimiliki. Pasalnya, banyak pekerja yang bertugas tidak sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Sektor pendidikan dibutuhkan untuk memberikan nilai pengetahuan kepada tenaga pekerja. “Kemenaker menyesuaikan dengan kebutuhan jabatan seseorang terhadap lowongan pekerjaan, baik jasa maupun bidang lain,” ujarnya di Gedung Kemenaker, Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Menurut Hery, kompetensi yang diinginkan mencakup tiga aspek utama yakni kompetensi spiritual, sosial dan teknis. Dalam pengembangan keilmuan calon tenaga kerja, Kemenaker akan melakukan bimbingan yang dilandasi oleh nilai agama dan budaya baik etos kerja, disiplin, kejujuran, loyalitas, dedikasi maupun tanggung jawab.

Untuk aspek sosial, akan dilakukan penanaman kompetensi komunikasi, koordinasi, hingga kerja tim. Setelah itu, Kemenaker turut meningkatkan kemampuan teknis atau substansi sesuai dengan bidang tugas dan profesinya.

Selain itu, ada pula pengembangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kemudian, penguatan lembaga diklat dan lembaga sertifikasi.

"Pengembangan dilakukan sesuai industri. Kalau semuanya sesuai dengan industri, dunia ketenagakerjaan akan naik," tambahnya.

Tag : tenaga kerja
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top