Ini 10 Teknologi Baru Menarik yang Wajib Ditunggu Pada 2018

Berikut ini daftar fitur dan inovasi yang diprediksi akan mengubah dunia teknologi mobile tahun depan. Perusahaan seperti Apple, Google, dan Samsung dipastikan akan terus memberikan kejutan dengan teknologi baru.
Agne Yasa | 30 Desember 2017 00:37 WIB
Ilustrasi-iPhone X muncul di layar video raksasa di Apple Visitor Center di Cupertino California Amerika serikat, 17 November 2017. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Banyak hal baru dalam teknologi ponsel ketika 2017, namun di sisi desain ponsel pintar dari berbagai perangkat yang menonojol adalah minimal bezel dan layar yang dominan di bagian depan ponsel.

Dilansir dari phonearena.com pada Jumat (29/12/2017), pada 2018 diprediksi akan hadir teknologi baru di perangkat ponsel.

Berikut ini daftar fitur dan inovasi yang diprediksi akan mengubah dunia teknologi mobile tahun depan. Perusahaan seperti Apple, Google, dan Samsung dipastikan akan terus memberikan kejutan dengan teknologi baru.

Pertama, pemindai sidik jari di bawah layar. Ponsel pertama dengan fitur ini akan tersedia secara komersial akan hadir pada kaurtal pertama 2018. Vivo, perusahaan asal China akan menghadirkan fitur ini.

Pemindai sidik jari di bawah layar ini pertama ini dikembangkan oleh Synaptics dengan chip Clear ID FS9500, perangkat CMOS kecil yang ditempatkan di bawah layar AMOLED. Ini dapat menyinari jari sehingga pemindai sidik jari bisa membaca pantulan pemindaian jari.

Kedua, ponsel lipat, teknologi ini diperkirakan akan hadir pada akhir 2018. Samsung dikabarkan tengah membuat produk ini.

Ketiga, Apple akan menghadirkan perangkat augmented reality, perusahaan diprediksi akan meluncurkannya pada 2019 untuk perangkat dengan teknologi ini. Saat ini, perusahaan juga tengah mempekerjakan tim ahli industri untuk teknologi ini.

Keempat, asisten suara akan menjadi bagian yang integral dari pengalaman telepon dan Google dengan teknologi produk asistennya diprediksi akan memimpin, dengan teknologi kecerdasan buatan dan machine learning.

Kelima, speaker atau pelantang suara pintar akan semakin berkembang. Amazon telah memimpin dengan pelantang cerdas dengan Alexa yang hadir pada 2017. Pada tahun depan, pelantang ini akan semakin hebat dari sisi bermain musik.

Keenam, proyek Treble hadir untuk memperbaiki masalah pembaruan di perangkat lunak Android teruama di perangkat lama. Ini bertujuan memudahkan pembuat ponsel Android.

Ketujuh, ponsel terjangkau dari China akan meramaikan. Pada 2018, vendor ponsel asal China akan semakin memiliki tempat di pasar global. Huawei, Oppo, dan Xiaomi merupakan merek yang telah berkembang pesat dan memiliki desain asli dengan berbagai fitur menarik.

Kedepalan, ponsel dengan kecerdasan buatan dari Google. Ponsel Pixel dari Google memiliki fitur yang membuat mereka menonjol di pasar yaitu pembauan Android dan kekuatan kecerdasan buatan dari Google. Hal ini terlihat dari perangkat Pixel 2 dan Pixel 2XL serta layanan Google Photos.

Kesembilan, iPad baru dengan bezel tipis dan ID Face. Dalam beberapa tahun terakhir, Apple telah mengubah iPad menjadi perangkat yang pro dna bukan hanya tablet. Pada 2018, Apple diprediksi akan menghadirkan iPad Pro baru dengan bezel tipis dan pengenalan ID wajah.

Kesepuluh, masa pakai baterai lebih baik. Pada 2017 ramai pemeberitaan terkait masa pakai baterai yang menurun termasuk yang menerpa Apple. Kehadiran chip yang lebih canggih diprediksi akan membuat masa pakai baterai lebih baik pada 2018 mendatang.

Tag : teknologi
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top