Kementerian BUMN dan Pemprov DKI Bahas Percepatan Pembangunan Infrastruktur

Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan koordinasi untuk mempercepat pembangunan sejumlah infrastruktur.
M. Nurhadi Pratomo | 08 Januari 2018 09:03 WIB
Menteri Rini Soemarno, dan Gedung DPR RI. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan koordinasi untuk mempercepat pembangunan sejumlah infrastruktur.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menjelaskan bahwa pemerintah tengah mendorong percepatan pembangunan infrastruktur. Salah satu proyek yang menjadi fokus pada tahun ini di DKI Jakarta ada pengembangan kawasan transit oriented development (TOD). 

Rini mengungkapkan pihaknya menginginkan agar fasilitas stasiun yang ada di Jakarta dapat digunakan secara mixed used. Artinya, lokasi tersebut digunakan sebagai perumaham untuk masyarakat berpendapatan rendah, area berjualan bagi usaha kecil menengah (UKM), serta, berbagai fungsi lainnya.

“Jadi itu kita bisa kembangkan bersama apakah dengan cara BUMN bekerja sama dengan BUMD [Badan Usaha Milik Daerah],” ujarnya di Jakarta, Senin (8/1/2017).

Dia menambahkan proses pembangunan infrastruktur bakal terus dijalankan. Oleh karena itu, pihaknya menggandeng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mempercepat pembangunan.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan telah membicarakan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur dengan Kementerian BUMN. Salah satu yang menjadi fokus yakni akselerasi pembangunan sejumlah fasilitas publik seperti Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, dan Stasiun Juanda, Jakarta Pusat.

Sandiaga menyatakan bakal berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk Kementerian BUMN dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Hal itu untuk memastikan pembangunan infrastruktur yang tengah berjalan tidak mematikan kesempatan usaha bagi masyarakat.

 

Tag : infrastruktur, bumn
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top