Amazon Kembangkan Asisten Suara Alexa Agar Lebih Personal

Perusahaan sektor perdagangan berbasis dalam jaringan, Amazon, terus mengembangkan asisten suara (voice assistant) yang diberi nama Alexa. Tahun ini, Amazon ingin membuat karakter Alexa lebih personal untuk menangkap order dari pemiliknya.
Dara Aziliya | 12 Januari 2018 14:39 WIB
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, LAS VEGAS - Perusahaan sektor perdagangan berbasis dalam jaringan, Amazon, terus mengembangkan asisten suara (voice assistant) yang diberi nama Alexa. Tahun ini, Amazon ingin membuat karakter Alexa lebih personal untuk menangkap order dari pemiliknya.

Jon Kirk, Director of Alexa Voice Services Amazon mengatakan sejak pengembangan dan kemunculannya pada 2015, Alexa telah membantu hidup banyak orang menjadi lebih produktif. Amazon juga ingin penggunaan Alexa dapat lebih luas di seluruh perangkat gawai.

"Saat pertama meluncurkan Alexa pada 2015, kami ingin Alexa dapat diakses kapan pun dan di mana pun. Pada 2018 ini, Amazon akan melanjutkan kerja sama dengan Intel dan HP untuk membuat Alexa lebih pintar. Kami juga akan membuat Alexa lebih personal," jelas Jon saat menjadi pembicara pada sesi Voices Services on your PC di panggung The Consumen Electronics Show (CES) 2018 di Las Vegas Kamis (11/1/2017).

Jon menyampaikan Alexa selama ini telah membuat penggunanya lebih produktif dengan karakternya yang sangat personal. Alexa mendeteksi suara dengan jelas, menerjemahkan pesan dengan cepat, dan mengeksekusi perintah dengan sangat detil.

Dia menjelaskan saat ini Amazon fokus meningkatkan fungsi Alexa pada perangkat komputer atau PC. Menurutnya, PC merupakan 'pusat' di mana aktivitas seseorang berada seperti informasi pekerjaan, jadwal kegiatan, hingga bujet tertentu. Dengan PC pula, konsumen biasa mengatur konten ponsel pintarnya.

Keberadaan personal assistant mendapat panggung tersendiri pada pameran teknologi konsumen terbesar dunia, CES 2018. Sejumlah konferensi diadakan dengan mengundang para developer personal assistant, baik yang berwujud aplikasi maupun robot.

Tag : amazon
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top