Tarian Poco-poco Turut Meriahkan Pameran Wisata di Wina

Pertunjukan seni budaya Indonesia, seperti tari poco-poco dan tari saman, turut dipertontonkan dalam acara pameran wisata Ferien Messe di Wina, Austria.
Andhina Wulandari | 16 Januari 2018 06:43 WIB
Tari poco-poco di acara Ferien Messe, Wina, Austria - Dok. KBRI Wina

Bisnis.com, WINA - Pertunjukan seni budaya Indonesia, seperti tari poco-poco dan tari saman, turut dipertontonkan dalam acara pameran wisata Ferien Messe di Wina, Austria.

Dalam sesi penampilan tari Poco-poco pada Minggu siang (14/1/2018) waktu setempat, sejumlah besar pengunjung pameran tampak berbaur dengan masyarakat Indonesia dan grup Tari Saman di Austria untuk berjoget bersama. Para pengunjung yang sebagian besar masyarakat Wina terlihat sangat menikmati irama tari Poco-poco yang diperagakan secara dinamis oleh staf KBRI Wina.

Di samping pertunjukan seni budaya, stand Indonesia juga mengadakan sesi demo memasak yang menampilkan dua orang juru masak asal Indonesia, Taufik Hidayat dan Mufti. Dalam demo memasak tersebut, keduanya menyajikan menu khas Indonesia yakni sate, soto, dan nasi goreng.

Para pengunjung terlihat sangat antusias dan mengikuti dengan seksama penjelasan mengenai teknik memasak yang telah diterjemahkan dalam Bahasa Jerman oleh pemandu acara. Sate, soto, dan nasi goreng merupakan menu yang banyak diminati dan mudah diingat oleh masyarakat. Selain rasanya yang lezat dan teknik penyajian yang praktis, bahan-bahan dasar pembuatan tiga masakan ini juga relatif mudah ditemukan di berbagai toko Indonesia dan Asia di Austria.

Kemeriahan di stand Indonesia mencapai puncaknya saat Duta Besar Indonesia untuk Austria Darmansjah Djumala mengundi door prize berupa satu tiket pesawat PP Wina-Bali-Wina yang disediakan oleh KBRI/PTRI Wina dengan maskapai Garuda Indonesia. Hadiah dimenangkan oleh seorang pengunjung stand asal Austria.

Di samping tiket pesawat ke Indonesia, stand Indonesia juga membagikan sejumlah hadiah menarik lainnya bagi pengunjung yang berhasil menjawab kuis mengenai pariwisata Indonesia, seperti voucher menyelam, potongan harga tiket pesawat ke Indonesia, buku-buku pariwisata Indonesia dan souvenir pariwisata lainnya.

Pada pameran tahun ini, stand Indonesia memperkenalkan 10 destinasi wisata “Bali Baru” kepada publik Austria. “Turis Austria merupakan pangsa pasar yang amat potensial untuk digarap. Mereka gemar melancong ke luar negeri untuk jangka waktu yang panjang, khususnya ke tempat-tempat mereka bisa menikmati keindahan laut serta seni budaya dan tradisi lokal,” ujar Djumala dalam siaran pers KBRI Wina, Senin (15/1/2018).

Berdasarkan riset Bank Erste di Austria, rata-rata masyarakat Austria menghabiskan 1.100 Euro setiap tahunnya untuk berlibur di saat musim panas. Tujuh dari sepuluh masyarakat Austria memilih untuk menghabiskan liburan musim panas mereka di luar negeri.

Ferien Messe merupakan pameran promosi pariwisata terbesar di Austria. Hasil survei penyelenggara pada 2017 menyebutkan 99% dari total pengunjung merekomendasikan pameran tersebut kepada rekan dan kerabat mereka, dan sekitar 50% di antaranya datang ke pameran dengan maksud untuk mencari paket wisata liburan.

Ferien Messe 2018 diikuti oleh lebih dari 750 eksibitor dari 70 negara. Di samping paket-paket wisata liburan ke luar negeri, pengunjung juga dapat menikmati berbagai penawaran paket-paket wisata domestik yang menarik dari biro perjalanan lokal Austria.

Tag : pariwisata indonesia
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top