Indonesia ke-4 Paling Betah di Internet

Indonesia berada di bawah Thailand, Filipina dan Brazil
Duwi Setiya Ariyanti | 31 Januari 2018 10:59 WIB
Ilustrasi adiksi smartphone - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Indonesia menempati peringkat keempat dari 40 negara di dunia untuk durasi akses Internet paling panjang dalam sehari dengan waktu akses rata-rata selama delapan jam 51 menit.

Dikutip dari laman Wearesocial.com, Rabu (31/1/2018), Indonesia berada di bawah Thailand, Filipina dan Brazil. Adapun, Thailand memimpin dengan durasi akses internet selama 9 jam 38 menit, Filipina 9 jam 29 menit dan disusul Brazil dengan 9 jam 14 menit.

Sementara itu, tepat berada setelah Indonesia, terdapat Afrika selatan dengan lama akses internet dalam sehari yakni 8 jam 32 menit dan Malaysia 8 jam 27 menit. Di sisi lain, lima negara dengan lama akses internet paling pendek yakni Jepang 4 jam 12 menit, Nigeria 4 jam 5 menit, Kenya 3 jam 50 menit, Ghana 3 jam 46 menit dan terakhir, Maroko 2 jam 53 menit dalam sehari.

Sayangnya, kendati masuk sebagai negara dengan akses internet dengan durasi terpanjang dalam sehari, dari sisi penetrasinya, kondisinya justru stagnan dibandingkan dengan tahun lalu. Dari data tercatat bahwa pengguna internet tak mengalami pertumbuhan dari Januari 2017 ke Januari 2018. 

Sebaliknya, pertumbuhan cukup besar terlihat dari pengguna media sosial aktif yang terkerek naik sebesar 23%. Rata-rata masyarakat Indonesia pun tercatat menghabiskan waktu 3 jam 23 menit dalam sehari untuk mengakses media sosial dari berbagai gawai. 

Kemudian, terdapat 2 jam 45 menit dalam sehari untuk menonton video secara streaming dan video on demand seperti pada saluran YouTube. Terakhir, pengguna Internet Indonesia rata-rata menggunakan waktunya selama 1 jam 19 menit untuk mendengarkan musik. 

Secara angka, saat ini terdapat 132,7 juta pengguna aktif Internet di Indonesia atau 50% dari total populasi penduduk. Dari 132,7 juta, terdapat 124,8 juta di antaramya merupakan pengakses Internet mobile yakni setara 47% dari total populasi penduduk. 

Tag : internet
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top