Harga Biodiesel Turun, Konsumsi Berpotensi Meningkat

Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia menilai bahwa konsumsi bahan bakar nabati atau biodiesel dalam negeri berpotensi meningkat dengan pergerakan harga biodiesel yang terus menurun.
Denis Riantiza Meilanova | 31 Januari 2018 21:34 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia menilai bahwa konsumsi bahan bakar nabati atau biodiesel dalam negeri berpotensi meningkat dengan pergerakan harga biodiesel yang terus menurun.

Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) Paulus Tjakrawan mengatakan penurunan harga biodiesel membuat dana yang dikelola Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk insentif biodiesel akan semakin bertambah. Hal ini karena dengan harga minyak yang juga mengalami kenaikan, maka selisih antara harga solar dan harga biodiesel semakin kecil.

Menurutnya, kelebihan dana insentif tersebut dapat dialihkan untuk penerapan BBN Biodiesel ke non-PSO (public service obligation/subsidi) sehingga hal tersebut dapat memicu peningkatan konsumsi biodiesel.

“Mungkin nanti ke yang non-PSO pakai dana itu sebagian, tapi bukan untuk PSO. Kalau PSO tetap saja segitu [penyerapan] karena PSO praktis semua sudah pakai, tinggal non-PSO yang belum,” ujar Paulus kepada Bisnis, Rabu (31/1).

Adapun harga indeks pasar (HIP) bahan bakar biodiesel sampai dengan Februari 2018 mengalami penurunan Rp36 per liter.
Mengutip data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, HIP biodiesel bulan Februari ditetapkan senilai Rp7.964 per liter setelah satu bulan sebelumnya HIP biodiesel Rp8.000 per liter.

Sementara itu, Kementerian ESDM mencatat realisasi konsumsi biodiesel sepanjang 2017 mencapai 3,23 juta kiloliter atau 76,9% dari target tahun lalu sebesar 4,2 juta kiloliter.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana berharap konsumsi BBN biodiesel tahun ini dapat meningkat setelah uji coba pemakaian biodiesel dengan tingkat pencampuran sampai 20% atau B20 untuk kereta api selesai dilakukan.

Tag : biodiesel
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top