PUPR Gelontorkan Rp150 Juta Perbaiki Gelora Bung Karno

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengatakan harus menggelontorkan Rp150 juta memperbaiki kerusakan stadion Gelora Bung Karno akibat pertandingan pada Final Piala Presiden.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 19 Februari 2018 19:00 WIB
Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno yang dihiasi lampu warna warni di Jakarta, Selasa (13/2/2018) malam. - ANTARA/Widodo S Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengatakan harus menggelontorkan Rp150 juta memperbaiki kerusakan akibat pertandingan pada Final Piala Presiden.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan kerusakan yang disebabkan saat pertandingan Final Piala Presiden pekan lalu memang tidak terlalu besar. Namun kondisi di Gelora Bung Karno ini sudah diperbaiki sejak lama untuk mempersiapkan Asian Games tahun ini. Dia pun menyayangkan aksi supporter yang tidak tertib dan merusak Kawasan olahraga tersebut.

“Namun bagi saya bukan kerusakan, pasti kita perbaiki bersama. Karena ini milik kita. Ini lebih pada soal perilaku,” jelas Basuki di Gelora Bung Karno, Senin (19/2/2018).

Dia menjelaskan Kawasan olahraga ini masih akan digunakan untuk Asian Games beberapa bulan ke depan dna juga Piala AFC. Dia pun berharap agar masyarakat bisa memiliki tanggung jawab sosial untuk ikut menjaga aset di lingkungan Gelora Bung Karno.

“Saya mengimbau seluruh masyarakat untuk menjaga ketertiban dan tidak merusak asset yang menjadi kebanggaan Indonesia sekarang menjelang pelaksanaan Asian Games 2018,” kata Basuki.

Dia mengingatkan tanggung jawab menjaga GBK ini merupakan kewajiban karena renovasi GBK juga menggunakan sumber dana dari pajak negara. Selain itu, Indonesia sendiri memerlukan upaya yang panjang untuk bisa dipercaya oleh Olympic Council of Asia (OCA) menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Beberapa lokasi yang mengalami kerusakan adalah Zona 10 dimana ada 7 segmen pasar akrilik yang roboh. Ada pula Zona 9 dengan pintu yang rusak serta sejumlah tanaman yang kondisinya rusak. Dari sekitar 4,8 hektare taman ada 80% yang mengalami kerusakan.

“Kalau ini tanaman butuh waktu menanam, ini pasti kita tanam lagi, masih ada Maret, April, Mei, masih ada waktu,” ungkap Basuki.

Kompleks GBK yang akan dibuka untuk Asian Games rencananya akan dibuka pada 18 Agustus 2018 mendatang. Dia memastikan sejumlah kejadian kerusakan kecil fasilitas GBK tidak akan menghambat pelaksanaan Asian Games 2018.

“Di Jakarta ini semua sudah selesai, tinggal tunggu peresmian saja. Tinggal serah terima dan pelaksanaan,” ujarnya.

Tag : gelora bung karno
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top