AirAsia Bangun Hub di Silangit & Banyuwangi, Disinggahi Penerbangan Internasional

Pemerintah menyambut baik rencana investasi AirAsia Group yang akan membangun hub di Bandara Silangit dan Bandara Banyuwangi yang menghubungkan bandara lain di Tanah Air.
Rio Sandy Pradana | 19 Februari 2018 20:16 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah menyambut baik rencana investasi AirAsia Group yang akan membangun hub di Bandara Silangit dan Bandara Banyuwangi yang menghubungkan bandara lain di Tanah Air.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan mengatakan bandara yang menjadi tujuan hub tersebut yakni Bandara Kualanamu di Medan dan Bandara HAS Hanandjoeddin di Tanjung Pandan. Adapun, Bandara Blimbingsari di Banyuwangi akan menjadi penghubung untuk kawasan Timur.

"Mereka [AirAsia] ingin membuat Bandara Silangit dan Banyuwangi menjadi hub," kata Luhut, Senin (19/2/2018).

Dia menjelaskan penerbangan internasional yang akan singgah di kedua bandara tersebut berasal dari India, Pakistan, Singapura, Malaysia, China, hingga Thailand.

Pihaknya menuturkan pembangunan infrastruktur tambahan penunjang hub tersebut akan rampung sebelum pelaksanaan Annual Meeting IMF di Bali pada Oktober 2018.

Luhut menjelaskan pembangunan tersebut akan menggandeng PT Angkasa Pura II (Persero) selalu operator kedua bandara tersebut dan penyandang status Badan Usaha Bandar Udara (BUBU).

Sementara itu, CEO AirAsia Tony Fernandes yang menyambangi kantor Kemenko Kemaritiman memilih untuk tidak memberikan komentar. Usai menghadiri rapat selama 45 menit dengan Luhut, Tony langsung memasuki mobil tanpa memberikan penjelasan.

Tag : airasia
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top