Dumas Garap 7 Kapal Tunda Pesanan Pelindo III

Direktur Utama Dumas Shipyard, Yance Gunawan mengatakan penyerahan tiga kapal itu merupakan bagian dari tujuh kapal yang dipesan PMS. "Empat kapal sudah selesai, kami kerjakan dalam dua termin. Tiga kapal lain jadwal delivery-nya April-Mei 2018,"
Rivki Maulana | 20 Februari 2018 14:14 WIB
Kapal tunda menarik muatan batubara melintasi sungai Mahakam, di Samarinda, Kaltim. - REUTERS/Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA -- Perusahaan galangan kapal PT. Dumas Tanjung Perak Shipyards menargetken penyerahan atau delivery tiga kapal tunda (tugboat) pesanan PT Pelindo Marine Service (PMS) di April dan Mei 2018.

Direktur Utama Dumas Shipyard, Yance Gunawan mengatakan penyerahan tiga kapal itu merupakan bagian dari tujuh kapal yang dipesan PMS. "Empat kapal sudah selesai, kami kerjakan dalam dua termin. Tiga kapal lain jadwal delivery-nya April-Mei 2018," jelasnya kepada Bisnis.com, Selasa (20/2/2018).

Dia memaparkan beberapa komponen kapal seperti mesin dan baling-baling (propeller) disediakan sendiri oleh PMS sebagai pemesan. Oleh karena itu, nilai kontrak yang didapat Dumas separuh dari nilai kontrak pengerjaan kapal.

Menurut Yance, baling-baling yang digunakan untuk kapal tunda pesanan Pelindo PMS memungkinkan kapal bermanuver 360 derjat. Bahkan kapal bisa berjalan miring. "Harga baling-baling ini terbilang mahal dan setara dengan harga mesin" " ungkapnya.

Sebelumnya, PMS melansir penambahan tujuh kapal tunda baru dari 15 kapal yang dipesan ke dua perusahaan galangan lokal, Dumas Shipyards dan PT Daya Radar UtamaDirektur PMS, Putut Sri Muljanto mengatakan kapal tunda baru perseroan dilengkapi teknologi Integrated Bridge System (IBS) yang memungkinkan nakhoda kapal memantau dan mengendalikan peralatan dalam satu konsol.

"Olah gerak kapal menjadi lebih baik, sehingga pelayanan penundaan kapal pengguna jasa menjadi lebih aman dan nyaman," ujarnya.

Putut menjelaskan tujuh kapal baru perseroan memiliki kekuatan masing-masing 1.500 Tenaga Kuda (Horse Power), 1.800 Tenaga Kuda, dan 2.400 Tenaga Kuda. Tambahan tujuh kapal ini membuat jumlah armada perseroan menjadi 21 unit.

Tag : kapal, pelindo
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top