BRG Instruksikan Pemadaman di Lahan Gambut

Badan Restorasi Gambut menginstruksikan tiga langkah untuk memadamkan api di lahan gambut yang sedang terjadi dan meluas di sebagian Kalimantan dan Sumatra.
Yanuarius Viodeogo | 21 Februari 2018 02:43 WIB
Ilustrasi: Asap mengepul dari kebakaran lahan gambut di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Selasa (21/2). - Antara/FB Anggoro

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Restorasi Gambut menginstruksikan tiga langkah untuk memadamkan api di lahan gambut yang sedang terjadi dan meluas di sebagian Kalimantan dan Sumatra.

Kepala BRG Nazir Foead dalam rilis yang diterima Bisnis, mengatakan, pertama BRG hingga tingkat provinsi mendata ulang areal rawan kebakaran di wilayah target restorasi gambut.

“Secara periodik kami mengamati titik api dan tinggi muka air di lahan gambut,” kata Nazir, Selasa (20/2/2018) malam.

Kedua, BRG membentuk posko pemantauan dan patroli kebakaran di desa-desa gambut rawan kebakaran.

Menurutnya, posko yang dibentuk BRG diutamakan di wilayah yang belum ada posko serupa. Keberadaan posko ini berbasis pada masyarakat setempat.

Ketiga, intensitas pembasahan di gambut ditingkatkan dan diperluas. BRG telah mengidentifikasi kebutuhan infrastruktur pembasahan di lokasi rawan terbakar saat ini dan perbaikan infrastruktur yang telah ada.

“Kami telah menugaskan dua deputi menjalankan koordinasi sekaligus memimpin pelaksaan 3 aksi utama untuk merespon kebakaran ini,” ujarnya.

Di Sumatra ditugaskan Deputi Bidang Penelitian dan Pengembangan dan untuk Kalimantan ditugaskan Deputi Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan.

Tag : lahan gambut, Karhutla
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top