Hutama Karya Siap Galang Dana Rp4,5 Triliun

PT Hutama Karya (Persero) menunggu operasional tol Akses Tanjung Priok, Jakarta sebelum menjadikan pendapatan dari ruas tersebut sebagai jaminan untuk menghimpun dana segar.
M. Nurhadi Pratomo | 22 Februari 2018 20:45 WIB

Bisnis.com,JAKARTA — PT Hutama Karya (Persero) menunggu operasional tol Akses Tanjung Priok, Jakarta sebelum menjadikan pendapatan dari ruas tersebut sebagai jaminan untuk menghimpun dana segar.

Direktur Keuangan Hutama Karya (HK) Anis Anjayani menjelaskan bahwa perusahaan akan menjadikan pendapatan dari operasional tol Akses Tanjung Priok (ATP) sebagai jaminan dalam penggalangan dana perseroan. Akan tetapi, rencana tersebut belum kunjung dieksekusi lantaran ATP baru beroperasi pada Maret 2018.

Dia menjelaskan bahwa perusahaan masih mengkaji sejumlah opsi skema pendanaan. Beberapa bank pelat merah serta asing juga telah menyatakan minatnya untuk melakukan investasi pada ruas tol tersebut.

“Kami akan fund raising Rp4,5 triliun tetapi masih cari yang paling tepat bisa melalui sindikasi perbankan maupun pasar modal,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (22/2/2018).

Anis menambahkan bahwa perusahaan akan memastikan opsi yang ditempuh setelah ruas ATP beroperasi. Pihaknya masih akan melihat pendapatan yang dihasilkan melalui jalan tol tersebut.

Sebelumnya, Direktur Utama Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra menargetkan bahwa perusahaan berharap mendapatkan dana segar dari sekuritisasi aset jalan tol akses Tanjung Priok. Pihaknya menargetkan dapat menghimpun dana hingga Rp4,5 triliun.

Dana tersebut akan digunakan untuk keperluan ekuitas HK dalam proyek tol Pekanbaru-Dumai dengan total Rp7 triliun. Adapun total kebutuhan pembangunan ruas tersebut mencapai Rp15 triliun.

Tag : hutama karya
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top