Italia Tertarik Pasok Komponen Pesawat R80

Dua perusahaan asal Italia, Leonardo Aerostructures Division dan LEAR berminat dalam pengembangan dan pembuatan komponen aerostruktur utama pesawat R80.
Jaffry Prabu Prakoso | 22 Februari 2018 17:18 WIB
Pesawat R80 buatan Indonesia. - militerindonesiamy.blogspot.com

Bisnis.com, JAKARTA–Dua perusahaan asal Italia, Leonardo Aerostructures Division dan LEAR berminat dalam pengembangan dan pembuatan komponen aerostruktur utama pesawat R80. 

Komisioner PT Regio Aviasi Industri Ilham Habibie mengatakan ketertarikan kedua perusahaan tersebut ditandai dengan melakukan nota kesepahaman mitra untuk pesawat buatan asli Indonesia ini. 

“Ini masih di awal diskusi yang akan selesai setengah tahun dari sekarang,” katanya di Perpustakaan Habibie Ainun hari ini Kamis (22/2/2018). 

Ilham menambahkan bentuk kerjasama dalam hal pengembangan pesawat terbang yang mereka biayai sendiri. Perusahaan akan mendapat profit dari hasil pesawat yang sudah terjual. 

Dalam kesepakatan mereka berencana membuat badan pesawat dan tidak dipungkiri juga bertambah sampai ekor. Namun penambahan pembuatan ini dalam proses penjajakan serta masih dicarikan partner yang tertarik. 

Sementara itu minggu lalu anak Presiden BJ Habibie ini baru pulang dari Oman mendiskusikan pendanaan dari Timur Tengah. Ilham juga telah bertemu dengan Ukraina dan akan ikut kontribusi. 

Perlu diketahui pesawat R80 lebih besar dari pesawat N250 yang juga buatan asli anak negeri. Meski begitu Ilham harus mengakui pembuatan R80 banyak belajar dari N250. 

Ilham menjelaskan alasan perusahaan asing tertarik dengan pesawat R80 karena memiliki pasar yang sangat besar di Asean.

“Thailand dan Filipina perlu pesawat R80 karena pesawat bisa di landasan pendek. Landasan di Asean secara umum seperti ini,” jelasnya. 

Tag : pesawat, habibie
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top