Pelabuhan Kuala Mempawah Ditawarkan ke Swasta

Kementerian Perhubungan menyatakan bakal menawarkan sejumlah pelabuhan ke pihak swasta agar dikelola lebih optimal.
Rivki Maulana | 24 Februari 2018 01:36 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Kuala Mempawah di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat / Rivki Maulana

Bisnis.com, PONTIANAK - Kementerian Perhubungan menyatakan bakal menawarkan sejumlah pelabuhan ke pihak swasta agar dikelola lebih optimal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan salah satu pelabuhan eksisting yang ditawarkan adalah Pelabuhan Kuala Mempawah di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Dia menilai, fungsi pelabuhan tidak optimal karena pembangunan pelabuhan tidak menyeluruh.

Dalam pantauan Bisnis.com, Pelabuhan Kuala Mempawah memiliki dua dermaga dengan sekitar 75 meter. Selain itu, terdapat fasilitas gudang dan tempat pelelangan ikan. Pelabuhan ini sejak dahulu menjadi basis perdagangan Kerajaan Mempawah.

"Kami coba tawarkan ini ke swasta agar lebih optimal. Di sini berpotensi dijadikan pelabuhan untuk CPO [minyak sawit]," ujarnya saat meninjau Pelabuhan Kuala Mempawah, Jumat (23/2/2018).

Budi Karya menekankan, bila Pemerintah Kabupaten Mempawah berkolaborasi dengan swasta, fungsi pelabuhan akan lebih optimal karena saat ini hanya bisa melayani kapal-kapa nelayan. Dia mengimbuhkan, alur yang dangkal akibat sedimentasi yang tinggi.

Plt Bupati Mempawah, mengatakan Mempawah merupakan daerah yang dikelilingi perkebunan sawit di lima kabupaten. Oleh karena itu, Kuala Mempawah sangat potensial menjadi gerbang ekspor minyak sawit Kalbar. "Kami masih ada lahan 50 hektare dan ini bisa dikembangkan," ujarnya.

Tag : pelabuhan
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top