Proyek Palapa Ring Indonesia Diapresiasi Google

Google mengapresiasi langkah Pemerintah Indonesia yang mendukung pertumbuhan teknologi dengan membangun infrastruktur pita lebar Palapa Ring Project.
M. Richard | 27 Februari 2018 12:58 WIB
Palapa Ring Jilid II. - infopublic.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Google mengapresiasi langkah Pemerintah Indonesia yang mendukung pertumbuhan teknologi dengan membangun infrastruktur pita lebar Palapa Ring Project.

Head of Global Public Policy Google Caroline Atkinson mengatakan pemerataan teknologi sangat penting dalam mewujudkan ekonomi digital.

"Saya senang melihat pemerintah Indonesia juga perhatian dalam mendukung pertumbuhan teknologi dengan membangun infrastruktur broad band," ujarnya di sela-sela High Level International Conference, di Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Atkinson berharap dengan pemerataan teknologi, seluruh orang di seluruh dunia dapat mendapatkan informasi yang sama. Namun, dia mengakui masih banyak yang perlu dilakukan untuk menciptakan koneksi universal tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director IMF Christine Lagarde menyatakan peningkatan infrastruktur teknologi dan digital akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi digital. Indonesia dinilai sebagai salah satu negara dengan potensi ekonomi digital yang besar.

Di Indonesia saja, sebutnya, terdapat lebih dari 1.700 usaha rintisan yang bergerak di dalam ekosistem digital. IMF mengingkatkan potensi ekonomi digital ini harus bisa menyentuh semua lini masyarakat.

"Tujuannya, adalah untuk memanfaatkan revolusi digital sebaik mungkin dengan meningkatkan infrastruktur digital dan membuat sistem pendidikan yang cocok untuk masa depan," jelas Lagarde.

Adapun proyek Palapa Ring, yang akan menghubungkan seluruh bagian Indonesia, ditargetkan rampung pada 2019. Proyek infrastruktur telekomunikasi ini dilakukan lewat pembangunan serat optik sepanjang 36.000 km di seluruh Indonesia, yang dibagi menjadi Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur.

Tag : google, palapa ring
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top