Huawei 5G Dukung Koneksi 20 Gbps Hingga 1 Juta Peranti

Balong 5G01 bisa memiliki kecepatan unduh hingga 2,3 Gbps.
Duwi Setiya Ariyanti | 27 Februari 2018 10:15 WIB
Perangkat Huawei 5G CPE - Huawei

Bisnis.com, JAKARTA — Huawei merilis peranti terminal berbasis customer premise equipment (CPE) dengan teknologi 5G.

CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu mengatakan teknologi 5G akan menjadi basis untuk menghubungkan berbagai peranti. Adapun, peranti tersebut didukung Balong 5G01 sehingga bisa memiliki kecepatan unduh hingga 2,3 Gbps.

Dari sisi frekuensi, peranti yang diklaim sebagai yang pertama diperkenalkan secara komersial itu bisa digunakan di seluruh frekuensi termasuk sub-6GHz dan gelombang milimeter (mmWave).

"Teknologi 5G akan menjadi pijakan untuk lompatan selanjutnya menuju dunia yang cerdas, sebuah dunia di mana manusia, kendaraan, rumah, dan berbagai perangkat lainnya saling terhubung," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (26/2/2018).

Peranti tersebut pun disediakan dalam dua tipe yakni frekuensi rendah dan frekuensi tinggi. Kendati bisa digunakan di frekuensi rendah, tetapi kecepatan unduhnya sebesar 2 Gbps atau lebih cepat 20 kali dari internet kabel.

Dengan kecepatan unduh itu, pengguna bisa menikmati video dan gim dengan teknologi virtual reality. Sementara itu, untuk versi peranti berfrekuensi tinggi, kecepatan unduh mencapai 20 Gbps atau mendukung satu juta peranti dalam satu kilometer persegi dengan latensi rendah yakni 0,5 milidetik.

Tag : teknologi 5G
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top