Gamers Mobile Lebih Suka Potong Pulsa

Di Indonesia akun operator penagihan menyumbang 18,6% dari semua transaksi gim digital.
Dhiany Nadya Utami | 28 Februari 2018 21:39 WIB
Demam Pokemon GO - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Pembayaran menggunakan pulsa atau direct carrier billing menjadi metode yang paling diminati oleh para pembeli konten digital, terutama layanan games.

Di Indonesia akun operator penagihan menyumbang 18,6% dari semua transaksi gim digital. Angka ini lebih unggul dibandingkan transaksi melalui kartu kredit yang hanya mencapai 18,1%.

Salah satu operator penyedia layanan tersebut, Telkomsel, menjadi ‘enabler’ pembayaran layanan game  terbesar di Indonesia lewat voucer top up untuk games yang dikeluarkannya. Telkomsel juga menyediakan layanan pembelian konten melalui Google Play Store.

“Solusi pembayaran pulsa disambut dengan sangat baik oleh pelanggan, yang ditunjukkan dengan peningkatan penggunaannya yang meningkat hingga 60% di 2017,” ujar General Manager Corporate Communication Telkomsel Denny Abidin, beberapa waktu lalu.

Denny menambahkan, berdasarkan jumlah transaksi melalui Google Play Store, didominasi oleh layanan games sebesar 70%.

Sedangkan transaksi musik dan video menempati urutan kedua dan ketiga sebesar 15% dan 5%. Sementara  10% sisanya adalah transaksi untuk pembelian aplikasi, e-books, dan lainnya.

General Manager Corporate Communication XL Tri Wahyuningsih juga mengatakan saat ini kebanyakan pengguna games digital memanfaatkan metode pembayaran potong pulsa.

"Hampir 50% pengguna games digital di XL menggunakan metode pembayaran direct carrier billing," ujarnya.

Tag : seluler
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top