Alfamart Kembangkan Toko Virtual Alfamind

Alfamart mengembangkan jaringan toko ritel virtual yaitu Alfamind untuk membuka peluang bagi masyarakat yang ingin menjadi pemilik toko melalui ponsel pintarnya.
Agne Yasa | 28 Februari 2018 16:42 WIB
. - .

Bisnis.com, JAKARTA -- Alfamart mengembangkan jaringan toko ritel virtual yaitu Alfamind untuk membuka peluang bagi masyarakat yang ingin menjadi pemilik toko melalui ponsel pintarnya.

Hans Prawira, Presiden Direktur Alfamart, mengatakan pemilik toko atau store owner Alfamind dapat menawarkan dan menjual produk-produk yang sudah tersedia dalam toko virtual miliknya.

"Sistemnya jemput bola, seperti membawakan toko ke hadapan konsumen," ujarnya, dalam acara Grand Launching Alfamind pada Rabu (28/2/2018).

Hans menjelaskan sejak diperkenalkan, aplikasi Alfamind terus memperoleh respons yang positif dari masyarakat.

"Saat ini sudah ada 3.000 orang telah bergabung menjadi store owner Alfamind yang tersebar di wilayah Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi," katanya.

Sementara itu, Viendra Primadia, Digital Business General Manager Alfamart, mengatakan dengan menjadi pemilik toko maka dapat memperoleh berbagai keuntungan, salah satunya dari setiap produk yang terjual akan mendapatkan margin penjualan.

Selain itu, store owner juga akan memperoleh kemudahan karena pengelolaan oeprasional seluruhnya dilakukan Alfamart.

"Jadi sekarang setiap orang bisa berjualan tanpa harus punya barang dan mengelola stoknya, semua sudah disiapkan oleh Alfamind," ujarnya.

Dia menambahkan fleksibilitas menjadi salah satu kemudahan yang diperoleh pemilik toko Alfamind dimana setiap transaksi yang dilakukan tidak dibatasi oleh tempat dan waktu.

Selain itu, produk yang ada di Alfamind juga tidak terbatas pada kebutuhan groceries atau harian. Produk yang ditawarkan mulai dari kebutuhaan sehari-hari seperti pakaian, produk kecantikan, perlengkapan rumah tangga hingga pulsa dan paket data. Dia mengatakan dalam waktu dekat, pembelian token listrik hingga pembayaran BPJS juga dapat dilakukan di Alfamind.

Selain untuk mengajak masyarakat memiliki usaha mandiri, Alfamart juga ingin memberi ruang bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memasarkan produknya lebih luas dengan bergabung menjasi supplier Alfamind.

"Prosesnya yang mudah menjadi salah satu keuntungan bagi supplier. Mereka juga tidak perlu memerlukan pengiriman barang sendiri karena barang yang dipesan oleh konsumen akan diambil dan diantar oleh logistik yang telah bekerja sama dengan Alfamart," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, juga dikenalkan aplikasi baru Alfamind Lite version yang bekerja sama dengan Mindstores untuk memberikan akses lebih cepat kepada pemilik toko dalam melayani transaksi konsumen.

Selain itu, Alfamart bersama Telkom jugas edang mengembangkan aplikasi serupa yang memungkinakan para pelanggan TV berbayar IndiHome untuk memiliki toko virtual ALfamind yang dapat diakses di layar televisi mereka.

Tag : alfamart
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top