Sebelum Lebaran, Jasa Marga Operasikan 3 Ruas Tol Baru. Apa Saja?

PT Jasa Marga (Pesero) Tbk. akan mengoperasikan tiga ruas jalan tol baru hingga semester pertama tahun ini. Sebelum Lebaran mendatang, ketiga ruas tersebut diharapkan sudah bisa beroperasi.
Yanita Petriella | 28 Februari 2018 08:09 WIB
Jalan tol Solo-Kertosono (Soker) di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (17/6). - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jasa Marga (Pesero) Tbk. akan mengoperasikan tiga ruas jalan tol baru hingga semester pertama tahun ini.

Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk. (JSMR) Desi Aryani mengatakan bahwa ketiga ruas tol tersebut yakni Ngawi—Kertosono, Solo—Ngawi, dan Bogor Ring Road seksi 2B.

"Ada tiga ruas tol yang akan beroperasi semester pertama tahun ini, sebelum Lebaran [2018]," ujarnya, Selasa (27/2).

Ruas Ngawi—Kertosono sepanjang 49,51 kilometer, katanya, tengah menunggu keluarnya sertifikat laik fungsi dari pemerintah.

Desi berharap agar ruas tol ini pada awal Maret sudah dapat diresmikan dan dioperasikan.

Selain itu, ruas yang akan beroperasi adalah Bogor Ring Road seksi 2B dan saat ini dalam tahap penyelesaian akhir.

"Yang ruas Solo—Ngawi juga akan dioperasikan. Untuk tahap awal 35 kilometer seksi Karanganyar—Sragen, lalu 5 kilometer yang di dekat Ngawi—Kertosono. Setelah itu, baru dioperasikan sisanya sekitar 50 kilometer. Totalnya ada 90-an kilometer kan," tuturnya.

Desi menambahkan bahwa saat ini perseroan menggenggam konsesi jalan tol total 1.497 kilometer. Hingga 2019, JSMR menargetkan total jalan tol yang dioperasikannya mencapai 1.260 kilometer dari yang ada saat ini sepanjang 680 kilometer.

"Kami berharap sekitar 300 kilometer yang bisa dioperasikan tahun ini, tetapi yang 140 kilometer sebetulnya target kemarin yang bergeser. Intinya, 200 kilometer setiap tahun karena 600 kilometer harus kami tuntaskan pada 2017 hingga 2019. Tinggal pada akhir tahun biasanya ada penyesuaian ada yang geser menggeser targetnya," ucap Desi.

Tag : jalan tol
Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top