JSMR & Waskita Kebut Pengerjaan Tol Trans-Jawa

Sejumlah badan usaha jalan tol tengah bekerja keras agar sejumlah ruas tol yang dikonstruksi dapat dilalui secara fungsional hingga operasional saat mudik Lebaran.
Yanita Petriella | 08 Maret 2018 19:25 WIB
Kendaraan antre keluar jalur Pantura di pintu keluar Brebes Timur, Jawa Tengah, Selasa (27/6). - Antara/Oky Lukmansyah

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah badan usaha jalan tol tengah bekerja keras agar sejumlah ruas tol yang dikonstruksi dapat dilalui secara fungsional hingga operasional saat mudik Lebaran.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) Desi Arryani mengatakan bahwa dari Jakarta hingga Solo, terdapat tiga ruas yang dilintasi secara fungsional saat mudik Lebaran.

Ketiga ruas tersebut yakni Pemalang—Batang sepanjang 39 kilometer, Batang—Semarang sepanjang 75 kilometer, dan Salatiga—Kartasuro sepanjang 32,24 kilometer.

"Tiga ruas itu prinsipnya akan fungsional. Ini fungsional ya, bukan darurat seperti tahun lalu," ujarnya, Kamis (8/3/2018).

Desi menjamin bahwa ruas tol yang akan dilintasi saat mudik Lebaran tidak ada yang darurat, tetapi fungsional. Dikategorikan fungsional karena sebagian besar jalan tol itu dibeton dan sebagin besar lean concrete atau beton dasar.

"Semuanya sesuai dengan elevasinya [standar]. Tahun lalu kan enggak sesuai elevasinya saat digunakan mudik Lebaran," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto menuturkan bahwa untuk ruas yang akan selesai dan beroperasi hingga Lebaran yakni ruas tol Ngawi—Kertosono, lalu Solo—Ngawi, Pejagan—Pemalang sepanjang 37 kilometer.

"Lalu ruas Pemalang—Batang dan ruas Semarang—Batang. Dari kami, baik yang mayoritas dan minoritas lima ruas itu yang selesai dikonstruksi. Kami berusaha agar bisa dilintasi baik secara fungsional maupun operasional saat mudik," ucapnya.

Sebelumnya, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto mengatakan panjang jalur fungsional yang dilewati pemudik tahun ini sepanjang 178 kilometer.

Bahlan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjamin kondisi jalan tol Trans-Jawa akan jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu.

Basoeki memastikan bahwa jalan tol Trans-Jawa dari Jakarta sampai Surabaya akan tersambung fungsional untuk melayani arus mudik 2018. Dia juga memastikan bahwa kondisi jalan akan lebih baik bila dibandingkan dengan tahun lalu yang masih dalam kondisi darurat.

Tag : jalan tol, mudik lebaran
Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top