Pelindo I Operasikan Terminal Khusus Mobil di Belawan

Pelindo I mengoperasikan terminal khusus mobil (car terminal) guna memenuhi kebutuhan kegiatan bongkar muat mobil di Pelabuhan Belawan yang mencapai ratusan unit setiap bulannya.
Juli Etha Ramaida Manalu | 09 Maret 2018 18:06 WIB
Perahu nelayan tradisional melintas di sekitar Belawan International Container Terminal (BICT), Sumatra Utara. - Antara/Irsan Mulyadi

Bisnis.com, MEDAN – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) mengoperasikan terminal khusus mobil (car terminal) guna memenuhi kebutuhan kegiatan bongkar muat mobil di Pelabuhan Belawan yang mencapai ratusan unit setiap bulannya.

Terminal khusus mobil yang dibangun pada 2017 ini terletak di area eks dermaga 004 Pelabuhan Belawan Lama dan menjadi pintu gerbang masuknya mobil-mobil baru dari Jakarta.

“Dengan adanya car terminal ini akan mempercepat kegiatan bongkar muat mobil yang selama ini dilakukan melalui dermaga konvensional,” jelas Fiona Sari Utami, ACS Humas Pelindo I, seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Bisnis pada Jumat (9/3/2018).

Pembangunan car terminal ini juga dilakukan guna mengakomodasi peningkatan bongkar muat mobil di Pelabuhan Belawan.

Pada 2016, Pelabuhan Belawan tercatat melayani bongkar muat mobil 68.031 unit yang meningkat sebesar 23% bila dibandingkan dengan volume pada 2016 sebesar 55.020 unit.

Adapun rata-rata kunjungan kapal mencapai 12 call tiap bulannya. Car terminal itu memiliki kapasitas sampai dengan 880 unit mobil dengan bangunan seluas 3.600 m2.

“Car terminal Pelabuhan Belawan sudah rampung semua, dan siap untuk menampung distribusi mobil dari Jakarta. Ke depan, Pelindo 1 terus meningkatkan fasilitas maupun sistem bongkar muat di car terminal ini, sehingga dapat memberikan layanan yang maksimal bagi para pengguna jasa,” kata Fiona.

Saat ini, Pelindo I juga membangun terminal CPO antarpulau yang bertujuan menambah kapasitas bongkar muat CPO.

Ada pula pengembangan terminal multipurpose Pelabuhan Belawan yang terdiri dari Terminal Curah Kering, Terminal General Cargo, dan Dermaga IKD (Industri Kimia Dasar).

Sejumlah pembangunan ini diharapkan akan meningkatkan produktivitas dan kelancaran operasional bongkar muat barang, serta menambah kapasitas bongkar muat komoditas baik curah kering maupun general cargo di Pelabuhan Belawan.

Tag : pt pelindo i, pelabuhan belawan
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top