Indonesia Ikut Kelola Internet Asia Pasifik

APNIC yang berdiri sejak 1996 adalah Regional Internet Registry alias badan yang mengatur pengelolaan Internet Protocol (IP) untuk wilayah Asia Pasifik
Dhiany Nadya Utami | 12 Maret 2018 16:47 WIB
Ilustrasi pengguna Internet di Hefei, Anhui, China - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) mengumumkan penunjukkan wakil Indonesia di Dewan Eksekutif  Asia Pacific Network Information Centre (APNIC).

Seperti dilansir dari laman resmi APJII, setelah menunggu lebih dari 21 tahun, Indonesia akhirnya dapat menempatkan wakilnya di dalam acara APNIC 45 di Kathmandu, Nepal, akhir Februari lalu.

Ketua Bidang National Internet Registry (NIR) APJII, Benyamin P Naibaho, menjadi orang Indonesia pertama yang duduk di dewan eksekutif APNIC dalam 21 tahun terakhir.

Menurut Ketua Umum APJII Jamalul Izza, terpilihnya Benyamin berkat dukungan dari seluruh komunitas internet Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan dukungan negara-negara sahabat di APNIC.

“Keberhasilan ini didapat dengan tidak mudah. Karena negara-negara lain seperti India, China, Jepang, Taiwan, Korea, dan Australia juga berjuang untuk memiliki wakil di Dewan Eksekutif APNIC tersebut,” ujarnya dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Jamalul mengungkapkan Dewan Eksekutif APNIC beranggotakan tujuh pengurus dan direktur APNIC sebagai anggota eks-officio. Dewan ini bekerja selama 2 tahun dan mendapat kuasa penuh dari seluruh anggota untuk mengelola kegiatan, fungsi, dan urusan APNIC.

"Dewan ini juga  menentukan jabatan direktur APNIC, sekretariat APNIC, dan memutuskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan APNIC terkait penomoran IP dan ASN, seperti Resource distribution and management, resource registry and certification, policy development, training, information services, developing community, and capacity,” jelasnya.

Dia mengharapkan dengan adanya wakil Indonesia dalam pengaturan tata kelola internet regional ini, dapat mengharumkan nama Indonesia dalam kancah pengelolaan internet dunia.

APNIC yang berdiri sejak 1996 adalah  Regional Internet Registry alias badan yang mengatur pengelolaan Internet Protocol (IP) untuk wilayah Asia Pasifik (IPv4, IPv6, dan ASN).  Badan ini beranggotakan 56 negara, mulai dari  Australia, New Zealand,  Asia, Micronesia, Polynesia, Malanesia hingga Antartika.

Tag : internet
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top