YouTube dan Wikipedia Kerja Sama Tangkal Video Konspirasi

YouTube akan memperkenalkan tool baru untuk melawan teori-teori konspirasi yang tersebar secara online dalam beberapa pekan mendatang.
Renat Sofie Andriani | 14 Maret 2018 08:42 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – YouTube akan memperkenalkan tool baru untuk melawan teori-teori konspirasi yang tersebar secara online dalam beberapa pekan mendatang.

Ini merupakan langkah terbaru yang diupayakan situs video Google tersebut untuk menghentikan penyebaran informasi yang keliru (misinformasi).

Menurut Susan Wojcicki, CEO YouTube, video-video yang menyebarkan teori konspirasi tentang kejadian-kejadian, seperti pendaratan di bulan, sekarang akan disertai teks dari Wikipedia yang memaparkan fakta terhadap teori tersebut.

“Tujuan kami adalah memulai dengan daftar konspirasi dalam internet, dimana ada banyak diskusi aktif,” ujar Wojcicki dalam konferensi South by Southwest di Austin, Texas, seperti dikutip Bloomberg, Rabu (14/3/2018).

Video-video yang memaparkan kejadian-kejadian umum nantinya akan mencakup petunjuk informasi, berupa kotak teks yang terhubung dengan sumber pihak ketiga termasuk Wikipedia, menurut juru bicara YouTube.

“Fitur-fitur ini akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang,” terang juru bicara tersebut dalam sebuah email.

YouTube, bagian dari Google yang diinduki Alphabet Inc., diketahui telah menjalani pemeriksaan selama berbulan-bulan untuk keberadaan informasi yang tidak pantas dan menyesatkan di situs tersebut.

Sebuah video baru-baru ini yang mengangkat sebuah teori konspirasi tentang penembakan sekolah di Parkland, Florida, menjadi video trending teratas situs ini selama beberapa jam sebelum kemudian dihapuskan.

Tag : youtube, wikipedia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top