Kementan Naikkan Anggaran Tanaman Pangan

Kementerian Pertanian dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR menaikkan anggaran untuk program kerja 2018 pada Ditjen Tanaman Pangan (DTP) menjadi Rp6,7 triliun.
Pandu Gumilar | 14 Maret 2018 14:38 WIB
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pertanian dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR menaikkan anggaran untuk program kerja 2018 pada Ditjen Tanaman Pangan (DTP) menjadi Rp6,7 triliun.

Pada 2017, DTP mendapatkan total anggaran sebesar Rp6,4 triliun sedangkan pada tahun ini menjadi Rp6,7 triliun. Kementan mengalokasikan dana sebesar Rp1 triliun khusus untuk mengakomodasi kebutuhan benih.

Kementan berencana menggunakan anggaran tersebut untuk kebutuhan benih sebanyak 94.875 ton untuk lahan seluas 364 juta ha. Anggaran tersebut meningkat Rp225 miliar menjadi Rp1 triliun dibandingkan dengan tahun lalu yang sebesar Rp775 milliar.

Dengan penambahan anggaran Rp225 miliar pada satu Ditjen, kementan melakukan realokasi dana dari 3 Ditjen lainnya. Adapun Ditjen yang mendapatkan pengurangan realokasi dana adalah Ditjen Hortikultura dan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Ditjen Hortikultura direlokasikan dananya sebesar Rp100 milliar. Bidang yang mengalami penurunan adalah kegiatan pengembangan kawasan bawang merah, kawasan sayuran, kawasan aneka cabai, pengendalian bawang dan OPT cabai, kasasan buah di wilayah perbatasan, kawasan mangga, kawasan manggis, dan kawasan pisang.

Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan direalokasikan dananya sebesar Rp125 milliar. Bidang yang mengalami penurunan adalah kegiatan terhadap pengamanan penyakit hewan, pengelolaan hijauan pakan ternak, pengembangan populasi ternak dan perjalanan dinas.

Tag : pangan
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top