LIPI Bangun Laboratorium Perisetan Pangan

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan membangun laboratorium Biosafety Level-3 untuk menjamin kualitas hasil riset pangan.
Pandu Gumilar | 05 April 2018 19:29 WIB
Ilustrasi: Pekerja memilah telur ayam, di Jakarta, Selasa (17/3/2015). - Antara/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan membangun laboratorium Biosafety Level-3 untuk menjamin kualitas hasil riset pangan.

Laboratorium tersebut akan dibangun di kawasan Cibinong Science Centre-Botanic Garden, Bogor, Jawa Barat. Dengan pembangunan laboratorium tersebut Lipi bermaksud untuk memberikan ketersediaan fasilitas produksi skala kecil sesuai standar Good Laboratory Practices (GLP) dan Good Manufacturing Practices (GMP).

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati mengatakan dengan laboratorium ini produk riset pangan dapat berdaya saing dengan negara lain.

“laboratorium ini produk riset pangan dapat berdaya saing dengan negara lain baik di pasar domestik maupun luar negeri. Kemudian produk riset juga akan memenuhi persyaratan mutu dan dijamin tidak menimbulkan resiko berbahaya yang disebabkan karena tidak aman, mutu rendah dan lain hal,” katanya dalam keterangan resmi (5/4).

Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi, Bambang Sunarko, menambahkan bahwa tujuan jangka pendek adalah untuk memfasilitasi kegiatan penelitian tahap lanjut., pengujian, pembuatan prototype dan hal lain yang membutuhkan ruangan bebas partikel standar GLP dan GMP.

“Tujuan jangka panjang pembangunan laboratorium BSL-3 dan fasilitasnya adalah untuk mendukung pengembangan dan produksi pangan dan obat berbasis bioteknologi di Indonesia,”katanya.

Artinya, laboratorium dapat digunakan secara bersama melalui mekanisme kerjasama dengan LIPI. Hal ini mungkin dilakukan oleh pelaku industri yang memerlukan pengujian dan pengembangan produknya agar bekualitas baik.

Tag : pangan
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top