Drone Pertanian Asal Indonesia Ikut Bertarung di Imagine Cup

Dhiany Nadya Utami | 09 April 2018 06:45 WIB
Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia Hariz Izmee berfoto bersama tim Beehive Drone dalam pengumuman pemenang Imagine Cup Regional Asia Pasifik pada Kamis (5/4/2018) - Microsoft

Bisnis.com, JAKARTA—Tim Beehive Drone asal Indonesia menjadi satu dari tujuh tim pelajar dari Asia Pasifik yang terpilih menjadi finalis dalam ajang Imagine Cup 2018 di Seattle Amerika Serikat. Mereka lolos setelah sebelumnya bersaing dengan 15 tim dari 9 negara Asia Pasifik antara lain Malaysia, Thailand, Singapura, Nepal, dan Sri Lanka.

BeeHives melaju ke babak final lewat teknologi yang mereka ciptakan yakni Beehive Drones Agriculture. Karya mereka merupakan teknologi drone berbasis IoT sebagai pendekatan baru untuk memecahkan salah satu masalah terbesar di dunia, yaitu peningkatan permintaan akan makanan.

Beehive Drones Agriculture memiliki kemampuan analisis dan melakukan tugas pertanian. Selain itu teknologi ini mengusung sistem drone yang koperatif dan dapat diakses melalui aplikasi mobile untuk memberikan detail pertanian yang akurat ke tangan petani.

Pada partai final nanti, BeeHives akan bertemu dan bersaing dengan lebih dari 50 tim pelajar dari seluruh dunia. Mereka akan memperebutkan hadiah utama senilai US$100.000 dan peluang mengikuti program bimbingan dengan CEO Microsoft Satya Nadella. Tak hanya itu, teknologi yang terpilih jadi pemenang juga akan mendapatkan dukungan dan persetujuan Azure untuk membawa produk solusi mereka ke pasar.

Commercial Software Engineering Lead Microsoft Asia Pacific Dave Miller menyebut Imagine Cup sebagai sarana bagi para pelajar untuk mewujudkan cita-cita mereka. Menurutnya ajang ini dapat membantu para inovator muda mereka mengambil langkah awal mencapai tujuan-tujuan mereka.

“Kami sangat bersemangat untuk menyaksikan bagaimana ide-ide mereka akan mengubah masa depan dimana kita hidup,” katanya dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Kamis (5/4/2018).

Microsoft Imagine Cup adalah kompetisi teknologi tahunan bagi para pelajar di seluruh dunia yang diselenggarakan sejak 2003. Tahun ini Imagine Cup mengangkat tema “Merancang dengan Tujuan” dan mengajak para pelajar untuk membuat proyek yang dapat dikembangkan untuk menjawab isu-isu masyarakat atau isu sosial dengan teknologi.

Tag : microsoft
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top