CIO, Pengelola ‘Dapur’ Perusahaan di Tengah Gempuran Digitalisasi

Bisnis.com, SINGAPURA Peran teknologi digital dalam sebuah perusahaan semakin hari semakin penting. Oleh karena itu, dibutuhkan orang yang mampu memadukan antara aspek teknologi informasi dan manajemen.
Abdul Rahman | 10 April 2018 16:01 WIB
Bruce Davie, VP & Chief Technology Officer Asia Pasific & Japan Vmware, melakukan presentasi dalam CIO Forum di Singapura, Selasa (10/4/2018). (Bisnis - Abdul Rahman)

Bisnis.com, SINGAPURA — Peran teknologi digital dalam sebuah perusahaan semakin hari semakin penting. Oleh karena itu, dibutuhkan orang yang mampu memadukan antara aspek teknologi informasi dan manajemen.

Bruce Davie, VP & Chief Technology Officer Asia Pasific & Japan Vmware, mengatakan bahwa teknologi digital sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam bisnis.

"Anda boleh punya mimpi membangun bisnis yang besar, tapi tanpa teknologi anda tidak bisa berbuat apa-apa," katanya dalam VMware CIO Forum di Singapura, Selasa (10/4/2018).

Oleh karena itu, peran seorang Chief Information Officer (CIO) di dalam perusahaan semakin penting. CIO adalah sebuah jabatan strategis yang memadukan antara teknologi dan sistem informasi dengan aspek manajemen lain agar dapat memberikan dukungan maksimal terhadap pencapaian tujuan organisasi.

"Kehadiran CIO membuat perusahaan punya peluang untuk mencari sumber pendapatan baru dalam sebuah bisnis," imbuhnya. 

VMware adalah perusahaan pembuat software virtualisasi yang bisa digunakan untuk membuat mesin virtual. Virtualisasi banyak dipakai oleh perusahaan teknologi saat ini guna mengoptimalkan penggunaan server data menggunakan teknologi virtual.

Tag : digitalisasi
Editor : Farodlilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top